Hari Ketiga Libur Lebaran, Taman Kyai Langgeng dan Gunung Tidar Sepi Wisatawan

Andika
- Senin, 17 Mei 2021 | 05:53 WIB
GUNUNG TIDAR: Sejumlah pengunjung ziarah di area petilasan kyai Semar di puncak Gunung Tidar. (suaramerdeka.com / Asef Amani)
GUNUNG TIDAR: Sejumlah pengunjung ziarah di area petilasan kyai Semar di puncak Gunung Tidar. (suaramerdeka.com / Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Dua objek wisata di Kota Magelang, Taman Kyai Langgeng dan Gunung Tidar relatif sepi wisatawan di momen libur lebaran Idul Fitri 1442 H. Hanya hari Sabtu (15/5) saja sedikit ada peningkatan keramaian.

Humas Taman Kyai Langgeng, Sulaiman menuturkan, hingga hari ketiga libur lebaran kondisi kunjungan relatif sepi. Secara kumulatif, tidak sampai 2000 wisatawan yang datang. "Hari pertama ada 74 orang, kedua sekitar 500 orang, dan hari ketiga sekitar 1100 orang," ujarnya, Minggu (16/5).

Dia mengaku, ketentuan maksimal 30 persen kunjungan wisatawan per hari, bahkan tidak terpenuhi karena jauh dari angka itu. Taman Kyai Langgeng juga tidak mematok kunjungan wisatawan per harinya. "Kalau sebelum pandemi Covid-19, saat lebaran minimal per hari ada 5000 orang, kalau sekarang masih sulit mencapai angka tersebut," katanya.

Demikian pula yang terjadi di objek wisata Gunung Tidar. Pelaksana Administrasi dan Loket, Ari Budi Wibowo mengungkapkan, kunjungan wisatawan tak terlalu ramai, baru pada hari ketiga libur lebaran jumlah wisatawan mulai meningkat. "Hari pertama hanya 20 orang, hari kedua 30 orang, dan hari ketiga 280 orang," ungkapnya.

Ari mengutarakan, pihaknya tidak melakukan pembatasan maksimal kunjungan wisatawan, karena sejauh ini jumlah wisatawan belum signifikan, meskipun Gunung Tidar dibuka 24 jam. "Sebelum lebaran, per hari sekitar 600 orang datang ke sini, karena selain berwisata juga berziarah," imbuhnya

Editor: Andika

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X