Yang Positif Dilarang Balik ke Jakarta

Red
- Senin, 17 Mei 2021 | 01:20 WIB
SM/Simon Dodit - PUTAR BALIK :Salah satu bus yang akan menuju ke arah Jakarta diminta putar balik di Pintu Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (16/5). (39)
SM/Simon Dodit - PUTAR BALIK :Salah satu bus yang akan menuju ke arah Jakarta diminta putar balik di Pintu Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Minggu (16/5). (39)

KARAWANG -Kementerian Perhubungan menyiapkan tes antigen gratis bagi masyarakat khusus bagi pengguna kendaraan roda dua. Kegiatan yang dimulai pada Sabtu, (15/5) tersebut bertujuan menekan kasus penularan Covid-19.

”Sesuai arahan Bapak Menteri Perhubungan kami akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta.

Pada prinsipnya kami inginkan semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat, tidak terpapar Covid-19. Untuk itu, semua pintu masuk ke Jakarta akan kami terapkan rapid test antigen,” kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi di UPPKB Balonggandu, Karawang, Jabar. Pihaknya memprediksi lonjakan volume kendaraan dari arah timur ke barat dimulai pada Sabtu, (15/5) dan mencapai puncak pada Minggu, (16/5) malam.

Di wilayah Jabar, sedikitnya ada sebelas titik yang didirikan posko pemeriksaan yaitu Posko Nagreg, Cileunyi, Cikopo, Cirebon, dan Posko Karawang. Adapun enam posko lainnya berada di Banjar, Sukabumi, Lohbener Indramayu, UPPKB Balonggandu Kerawang, Puncak Pass Cianjur dan Susukan Cirebon. Posko tes acak ini merupakan hasil sinergi antar instansi seperti Kementerian Kesehatan, Kepolisian, TNI dan khusus untuk di UPPKB Balonggandu ditangani oleh tim Ditjen Perhubungan Darat. ”Ini random check karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas Covid-19 maupun Kementerian Kesehatan harus dibagi agar merata.

Walaupun dilakukan random sampling namun kita harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya,” tambah Budi. Dikatakan lebih lanjut, dari 21 rest area dan juga gerbang tol utama dari Surabaya sampai Jakarta saat ini sudah dirikan pos seperti di Balonggandu. Dalam pos ini intinya pengujian terhadap masyarakat yang akan ke Jakarta. ”Kalau hasilnya positif nanti akan ada perlakuan khusus dan tindakan lanjutan dari Kementerian Kesehatan. Tapi kalau negatif dapat melanjutkan perjalanan,” pungkas Budi.

Random tes Covid-19 di 21 lokasi tersebut terbagi dalam dua kelompok. Pertama, untuk Tol Trans-Jawa yang dikelola Jasa Marga (dari timur menuju Jakarta) terdapat 18 lokasi, yaitu 13 lokasi di rest area jalan tol, empat lokasi di pintu masuk tol utama, dan satu lokasi di eks gerbang tol Cikarang Utama Km 31. Kedua, untuk Tol Jakarta-Merak terdapat tiga lokasi, yaitu dua lokasi di rest area Km 45 dan Km 68, serta satu lokasi di pintu masuk Tol Cikupa.

Kebijakan tersebut sebagai upaya pencegahan meningkatnya kasus Covid-19 pascalibur Lebaran. ”Keputusan ini merupakan hasil dari koordinasi antarinstansi pusat dan daerah,” kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto dalam Talkshow Satgas Covid-19 secara virtual di Jakarta, Sabtu (15/5). Airlangga yang juga Menteri Koordinator Perekonomian itu menambahkan, tes acak Covid-19 di jalan nasional diterapkan di empat lokasi dan disesuaikan dengan kondisi terkini di lapangan berdasarkan laporan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda.

Empat lokasi tersebut, yaitu di Jembatan Timbang Balonggandu, Kabupaten Karawang, Pos Tegal Gubug di Susukan, Kabupaten Cirebon lokasi antara Indramayu- Jatibarang, dan antara Sukabumi- Cianjur arah ke Jakarta. ”Informasi dari Kemenhub lebih 1,5 juta orang yang melakukan perjalanan keluar Jakarta, karena itu perlu diantisipasi kembalinya pascalibur Lebaran,” kata Airlangga.

Dikatakan lebih lanjut, semua Gubernur di Pulau Sumatra dan Jawa diminta mengambil tindakan untuk mencegah potensi peningkatan kasus Covid-19. Caranya dengan melakukan pemeriksaan secara ketat terhadap dokumen tes swab, antigen, dan genose kepada setiap pelaku perjalanan arus balik di pos penyekatan dan titik pengecekan.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Meski Pandemi Jangan Menyerah Mencari Nafkah

Minggu, 20 Juni 2021 | 19:49 WIB

Arus Bawah Ingin Sosok Muda Pimpin PPP DIY

Minggu, 20 Juni 2021 | 06:40 WIB

BTS Meal dan Solidaritas Army Indonesia

Minggu, 20 Juni 2021 | 01:27 WIB

Jangan Buat Regulasi yang Hegemonik

Minggu, 20 Juni 2021 | 01:17 WIB
X