Membeludak, Pangandaran & Ciwidey Langsung Ditutup

- Minggu, 16 Mei 2021 | 21:31 WIB
sm/dok
sm/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Karena tingkat kunjungan yang membeludak di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali, dua destinasi favorit di Jabar yakni Pangandaran dan Ciwidey, Kabupaten Bandung langsung ditutup, Minggu (16/5).

Penutupan itu tak lepas dari viralnya situasi kepadatan massa pada saat rangkaian libur Lebaran di objek wisata tersebut di sosial media.

Penegakan protokol kesehatan dalam aktivitas wisata yang sebenarnya diperbolehkan itu pun jadi sorotan utama di tengah upaya mencegah penularan virus corona sehingga keputusan tersebut dirilis.

Instruksi tak ada lagi kunjungan ke Pangandaran dan Ciwidey tersebut datang dari Gubernur Ridwal Kamil. Baginya, itu merupakan konsekwensi yang harus diterima.

"Prosedur penutupan merupakan bagian dari sistem ketika destinasi membeludak dan tak terkendali," jelasnya dalam keterangannya.

Aktivitas di kawasan Pangandaran terimbas kondisi keramaian di Pantai Batukaras sehari sebelumnya yang berbuntut ke semua objek di kabupaten yang bertetangga dengan Kabupaten Cilacap itu.

Demikian pula situasi di Bandung yang juga mencakup area Pasir Jambu dan Ranca Bali seperti glamping lakeside, Ciwalini, hingga Ciwidey Valley. Penutupan sendiri tanpa batas waktu.

Menurut RK, pihaknya sudah mewanti-wanti pengelola wisata untuk memperhatikan penegakan prokes. Hanya saja dalam perkembangannya, ternyata kedua objek tersebut di antara sekian destinasi di Jabar tak memenuhi harapannya.

"Mayoritas destinasi tegakan prokes, dan tak viral. Yang viral itu ada pelanggaran kendati jumlahnya tak banyak, makanya langsung kita lakukan penutupan," jelasnya sambil menyebut destinasi Puncak, Bogor dan Lembang, KBB masih terkendali.

Halaman:

Editor: Achmad Rifki

Terkini

Meski Pandemi Jangan Menyerah Mencari Nafkah

Minggu, 20 Juni 2021 | 19:49 WIB

Arus Bawah Ingin Sosok Muda Pimpin PPP DIY

Minggu, 20 Juni 2021 | 06:40 WIB

BTS Meal dan Solidaritas Army Indonesia

Minggu, 20 Juni 2021 | 01:27 WIB

Jangan Buat Regulasi yang Hegemonik

Minggu, 20 Juni 2021 | 01:17 WIB

Bareskrim Polri Buru Ribuan Pinjol Ilegal

Sabtu, 19 Juni 2021 | 22:18 WIB
X