Objek Wisata Zona Oranye Tutup, Ganjar Minta yang Lain Tiru Borobudur

- Rabu, 12 Mei 2021 | 08:36 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan inspeksi ke Taman Wisata Candi Borobudur untuk memastikan penutupan destinasi wisata di Kabupaten Magelang selama masa libur Lebaran 2021. Ganjar berharap kebijakan ini bisa diikuti objek wisata di daerah lain karena dikhawatirkan bisa menarik banyak pengunjung serta terjadinya penyebaran Covid-19.

“Potensi-potensi tempat pariwisata yang kerumunannya banyak saya sarankan juga untuk diperhatikan, kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi ditutup saja. Itu jauh lebih baik,” kata Ganjar saat inspeksi ke Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (10/5).

Destinasi unggulan Jawa Tengah itu ditutup sejak 8-17 Mei 2021. Data terbaru per 9 Mei 2021 sebenarnya Magelang masuk zona kuning atau tidak lagi oranye seperti pekan sebelumnya. Sesuai aturan Pusat zona kuning diizinkan membuka objek wisata dengan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Sleman Tutup Saat Lebaran

Ganjar Pranowo melakukan peninjauan ke pos I TWC Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. “Mudah-mudahan yang di Magelang ini juga bisa menjadi contoh, seperti pihak Borobudur umpama, sudah mulai ditutup sejak tanggal 8 sampai 17 nanti,” kata Ganjar.

Ganjar berharap, potensi keramaian di tempat pariwisata menjadi perhatian oleh pemerintah daerah. Pengawasan harus ketat, jika tidak maka lebih baik tutup. Daerah lain yang masih membuka tempat wisata, lanjut Ganjar, harus memastikan sesuai dengan izin yang hanya membuka 30 persen dari kapasitas, sehingga kontrol terhadap kerumunan akan mudah.

Taman Wisata Candi Borobudur yang dikelola oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) merupakan destinasi yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan telah mendapat sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Upaya yang telah dilakukan semenjak membuka kawasan ini, Juli 2020 ini, menjadi komitmen utama dalam melayani wisatawan.

Baca juga: Ini Penjelasan Menko PMK Soal Tempat Wisata Tetap Buka

Plt GM TWC Borobudur Jamaludin Mawardi mengatakan, selama masa penutupan ini, pihaknya akan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dan implementasi CHSE dengan tetap menjaga kebersihan & kemananan lingkungan, merawat sarpras pendukung CHSE sehingga pada saat sudah diizinkan dibuka kembali semua siap menerima kunjungan wisatawan.

Halaman:

Editor: Andika

Terkini

Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB
X