Satgas Minta Pemda Awasi Ketat Kegiatan di RT RW

Ant
- Selasa, 11 Mei 2021 | 13:29 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, meminta pemerintah daerah melakukan pengawasan intensif terhadap segala kegiatan komunitas hingga ke tingkat RT/RW.

"Segala kegiatan yang berlangsung harus sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Inmendagri Nomor 10 Tahun 2021,” kata Wiku dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Wiku, Pemerintah Kabupaten/Kota menjadi penentu kebijakan operasional sektor esensial di zonasi yang lebih rendah semisal RT/RW.

Baca Juga: Kades dan RT Diminta Aktif Data Pemudik di Wilayahnya

"Penting adanya kesatuan komando dan narasi antara pemerintah pusat dan daerah sehingga tugas pemerintah untuk menerjemahkan kebijakan di lapangan dapat berjalan sesuai dengan harapan," ucapnya.

Baca Juga: Airlangga: Zonasi Risiko Covid-19 RT Diperketat Jelang Ramadan

Upaya ini sangat krusial dilakukan saat ini ketika terjadi kecenderungan mobilitas masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri kendati mudik telah dilarang dan pada ujungnya risiko penularan COVID-19 semakin meningkat.

Baca Juga: Pemkot Semarang Pasang 10 Ribu CCTV hingga RT/RW

Wiku menambahkan kebijakan pelarangan mudik yang sudah diputuskan pemerintah adalah upaya untuk mencegah potensi kenaikan kasus yang sering kali terjadi usai libur panjang.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X