Larangan Mudik, Pergerakan Kendaraan di Cileunyi Landai

- Senin, 10 Mei 2021 | 17:00 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

BANDUNG, suaramerdeka.com - Mobilitas kendaraan yang melintas Gerbang Tol Cileunyi dari arah Jakarta dan Bandung ke arah Jateng selama masa larangan mudik Lebaran 2021, terpantau lancar pada Senin (10/5) siang.

Barisan kendaraan yang keluar cenderung longgar. Tak ada antrian berarti. Pergerakan dalam jarak rapat pun jarang terjadi. Bila pun ada sendatan, lebih karena efek kendaraan yang diberhentikan.

Petugas gabungan mengatur arus dari pintu keluar ujung jalan Tol Purbaleunyi di ujung timur itu menjadi dua lajur. Lajur sebelah kanan untuk kendaraan plat setempat yakni D (Bandung) sedangkan lajur kiri untuk plat luar kota terutama plat B (Jakarta).

Baca Juga: 9 Kendaraan Travel Berplat Luar Jateng Putar Balik di Gerbang Tol Kalikangkung

Meski sudah diatur sedemikian rupa, kendaraan dari luar kota itu memanfaatkan lajur peruntukan kendaraan setempat. Petugas pun jeli melihat manuver tersebut, sekali pun merapat ke mobil di depannya.

Sebagian dari kendaraan yang diberhentikan itu, sekilas tak ada yang bermasalah. Mereka melengkapi dirinya dengan sejumlah berkas yang dibutuhkan terutama surat keterangan perjalanan.

Baca Juga: Penyekatan Kendaraan Masuk Jateng hingga 12 Hari, 8.452 Posko Didirikan

Dalam menjalankan penyekatan, personil di lapangan dikawal pasukan yang dilengkapi senjata api. Secara bergantian, petugas dari kepolisian, TNI, dan Dishub meminta kendaraan dari luar kota berhenti guna dilakukan pemeriksaan.

Data Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung mencatat bahwa pergerakan kendaraan yang melintas di Nagreg terutama ke arah timur sempat mengalami kenaikan saat awal pemberlakuan larangan.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X