RK: Pemudik Lolos dari Penyekatan di Bawah 60 Ribu Orang

- Senin, 10 Mei 2021 | 15:55 WIB
Foto Antara
Foto Antara

BANDUNG, suaramerdeka.com - Diperkirakan kurang dari 60 ribu pemudik lolos dari langkah penyekatan yang dilakukan selama masa larangan mudik Lebaran 2021 diberlakukan di wilayah Jabar.

"Itu sekitar satu persennya karena setiap mudik, ada 6 juta orang yang masuk ke Jabar," kata Gubernur Ridwan Kamil bersama jajaran Forkompimda di pos pemeriksaan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/5).

Angka tersebut di antaranya merujuk kepada data kepolisian setempat bahwa jumlah kendaraan yang dijaring dalam kegiatan tersebut untuk sementara mencapai 130 ribuan.

Dari angka tersebut, hampir setengahnya diputar balik karena tak memenuhi persyaratan selama masa larangan pulang kampung dari 6-17 Mei mendatang. "Jadi 99 persennya memilih tak mudik, ini perlu diapresiasi," katanya.

Bagi pemudik yang lolos, kata Emil, pihaknya tak terlalu mengkhawatirkannya. Pasalnya, aparat akan memonitor pergerakan mereka hingga kampung-kampung guna dilakukan tindakan.

Baca Juga: Jateng Tambah Titik Penyekatan, Antisipasi Pemudik dari Jabodetabek dan Jabar

"Personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas melaporkan sudah ada yang dikarantina," kata mantan Walikota Bandung singkat.

Dari laporan yang masuk pula, sebanyak 15 pemudik dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui dari tes cepat yang digelar sejumlah pos pemeriksaan.

Baca Juga: 6.742 Pemudik Dites Acak di 381 lokasi, 4.123 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X