MUI Imbau Warga di Zona Merah Laksanakan Shalat Idul Fitri di Rumah Saja

- Jumat, 7 Mei 2021 | 14:45 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Miftakhul Akhyar mengimbau masyarakat untuk menjalani seluruh rangkaian ibadah Ramadan dan hari raya Idul Fitri dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa aktivitas syi’ar Islam yang sering kali dilakukan jelang Idul Fitri seperti takbir keliling, diharapkan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Sementara untuk ibadah Shalat Ied, diimbau dilakukan di rumah saja.

"Sebagaimana telah ditetapkan oleh Satgas COVID-19 setempat, dianjurkan untuk shalat Idul Fitri di rumah," Miftachul Akhyar di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.

Akan tetapi, apabila tetap dilakukan salat Idul Fitri itu di masjid atau tanah lapang, agar tetap menerapakan protokol kesehatan. Terutama bagi daerah yang zona kuning atau hijau.

Sementara untuk wilayah yang daerahnya zona merah, diimbau tidak dilakukan di luar. Hal itu, bertujuan untuk menghindari adanya penularan COVID-19.

Baca Juga: Ketua MUI Jateng: Pilihan Terbaik Saat Ini Shalat Id di Rumah

"Melakukan pembatasan dan pengaturan yang ketat terhadap pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid atau di lapangan, khususnya di daerah yang memiliki potensi risiko tinggi penyebaran virus COVID-19 dan daerah rawan yang belum terkendali lainnya," jelasnya.

Untuk itu, ia mengingatkan agar seluruh masyarakat meningkatkan kewaspadaan diri terhadap ancaman pandemi COVID-19. Dengan cara patuh memakai masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan, dan semaksimal mungkin menjauhi kerumunan, meskipun sudah menjalani vaksinasi.

Kemudian, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan mudik lebaran demi menjaga keselamatan jiwa diri sendiri, keluarga dan warga sekeliling.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X