Varian Baru Virus Covid-19, Menkes Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Red
- Senin, 3 Mei 2021 | 21:59 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Kesehatan (Menkes) mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap saat sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona, termasuk dengan adanya varian baru virus yang saat ini telah terdeteksi di Indonesia.

“Apapun virusnya, apapun mutasinya, kalau kita disiplin protokol kesehatannya (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) insyaallah harusnya penularan tidak terjadi,” ujar Menkes dalam keterangan resminya, Senin (3/5/2021).

Diungkapkan Menkes, selain varian baru yang berasal dari Inggris ditemukan juga mutasi virus yang berasal dari India dan Afrika Selatan.

Baca Juga:  1.556 Kabar Hoaks dan 177 Berita Vaksin Covid-19 Tersebar di Media Sosial dan Digital

“Jadi selain mutasi yang dari Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden, sudah ada dua mutasi dari India masuk, dan satu mutasi dari Afrika Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi G. Sadikin menjelaskan, pemerintah juga terus mengintensifkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) untuk mencegah penyebaran mutasi baru virus tersebut.

Hal ini dilakukan mengingat varian ini termasuk ke dalam kategori variant of concern atau mutasi yang mendapat perhatian khusus oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO karena tingkat penularan yang relatif lebih tinggi.

Baca Juga:  Produksi Vaksin Sputnik V di Turki, RDIF dan Viscoran Ilac Sudah Setuju

“Adalah tugas kita bersama untuk segera melakukan isolasi untuk yang terkena, disiplin melakukan testing dan tracing untuk kontak erat dari daerah sekitarnya,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X