1.556 Kabar Hoaks dan 177 Berita Vaksin Covid-19 Tersebar di Media Sosial dan Digital

- Senin, 3 Mei 2021 | 15:22 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat adanya 1.556 berita hoaks terkait Covid-19 dan 177 berita tentang vaksin Covid-19 di media sosial maupun media digital.

Berkaitan dengan hal ini, Menkominfo Johnny G. Plate meminta masyarakat untuk mengakses informasi resmi mengenai perkembangan terakhir pandemi Covid-19 dengan merujuk pada sumber informasi yang akurat dan terpercaya.

"Untuk itu, pemerintah terus mengimbau masyarakat agar selalu merujuk pada sumber informasi yang akurat dan dapat dipercaya baik dari badan dunia WHO, pemerintah Indonesia dalam hal ini KPCPEN, Kementerian Kesehatan, dan kementerian atau lembaga terkait, maupun para ahli di bidangnya,” ungkapnya, baru-baru ini dikutip dari laman presidenri.go.id.

Baca  Juga; Gerakan Santri Menulis, Ajak Para Santri Melawan Hoaks

Johnny, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap infodemi mengenai pandemi Covid-19. Penggunaan media digital secara bijak diperlukan sebagai benteng dalam menerima informasi pandemi yang beragam di tengah ruang informasi publik.

Baca Juga: Dukung Vaksinasi Covid-19 Nasional dengan Tidak Sebarkan Hoaks

Infodemi merupakan informasi berlebihan mengenai Covid-19 baik secara daring maupun luring yang dampaknya justru memperburuk kondisi pandemi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut infodemi ini mencakup upaya menyebarkan informasi yang kurang tepat dan dapat memengaruhi kesehatan masyarakat secara fisik ataupun mental hingga meningkatkan stigma terhadap Covid-19.

Informasi resmi mengenai perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia dapat diakses melalui laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, akun media sosial Facebook Kementerian Kesehatan RI, Twitter di @KemenkesRI, Instagram di @kemenkes_ri, dan kanal Youtube @Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, informasi resmi juga dapat dibaca melalui laman covid19.go.id dan akun media sosial Lawan Covid-19.

 

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X