Jawab Kegundahan, Ditjen PHU Dukung MUI Terbitkan Fatwa Haji

- Senin, 3 Mei 2021 | 09:36 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Musim haji 1442H/2021 merupakan kali kedua musim haji di tengah masa pandemi Covid-19 dan hingga kini belum ada pemberitahuan resmi dari Pemerintah Arab Saudi bagaimana penyelenggaraan haji musim ini.

Menyikapi kondisi ini bukan hanya jamaah calon haji yang gundah melainkan pejabat Kementerian Agama juga merasakan kegudahan memikirkan bagaimana penyelenggaraan haji di masa pandemi Covid-19 yang belum ada tanda-tanda penurunan, bahkan di sejumlah negara kasus Covid-19 justru meledak hebat, seperti India.

Untuk itu, Kepala Sub Direktorat Bimbingan Jamaah Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Arsyad Hidayat menggelar Bahtsul Masail selama tiga hari (27-29 April 2021). Forum itu, kata Arsyad, juga didasari dari kegundahan dari para pimpinan di Direktorat Bina Haji dalam memikirkan kondisi penyelenggaraan haji di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Kemenag Susun Alur Pergerakan Jamaah Haji, Ini 8 Tahapannya

“Jadi Bahtsul Masail untuk membicarakan masalah masalah terkait dengan fikih Haji terus terang pemikiran untuk adanya pelaksanaan Bahtsul Masail ini dari kegundahan bapak-bapak di Direktorat Bina Haji memikirkan kondisi terkait dengan pandemi Covid-19 yang kita alami saat ini,” kata Arsyad saat penutupan Bahtsul Masail, akhir pekan ini.

Penyelenggaraan Bahtsul Masail merupakan agenda rutin Kemenag sebelum penyelenggaraan haji dimulai. Pada tahun 2020 lalu saat Pemerintah Saudi membatasi jamaah haji yang akan menunaikan ibadah hajinya di Tanah Suci, Pemerintah Indonesia memutuskan membatalkan keberangkatan jamaah haji tahu  2020.

“Kita belajar dari tahun 2020 dan Saudi tetap melaksanakan ibadah haji tapi mereka dengan tetap melakukan pembatasan pembatasan sementara kita selama ini kan bahasa ibadah haji itu dengan kondisi normal dan tidak ada pembatasan pembatasan maka disitu ada gap ibadah haji di masa pandemik ini, sehingga harus ada jawabannya makanya kami melaksanakan Bathsul Masail ini,” katanya.

Baca juga: Antrean Haji 11 Tahun, Wapres Sentil Dana Haji Rp 140 Triliun

Arsyad juga mendukung langkah Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menawarkan akan mengeluarkan fatwa terkait penyelenggaraan haji tahun 2021 ini. “Sekretaris Umum MUI Pusat Pak KH Zulfa Mustofa sudah menawarkan kalau seandainya dari Kementerian Agama mengusulkan untuk MUI bisa mengeluarkan fatwa,” ujar Arsyad.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X