Public Speaking Wajib Dimiliki bagi Kaum Milenial

Red
- Minggu, 2 Mei 2021 | 06:30 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Public speaking adalah salah satu kemampuan yang penting dimiliki saat ini. Terutama bagi milenial yang diwajibkan bisa berbicara di depan umum.

Baik sudah maupun belum pernah, public speaking sebetulnya merupakan suatu kemampuan yang juga harus terus dilatih agar kita bisa menguasainya. Supaya bisa semakin jago dan pede melakukannya, maka perlu mempelajari dulu arti dan tips-tips seputar public speaking.

Singkatnya, public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di muka umum atau di hadapan sekelompok orang. Contoh-contoh kegiatan public speaking adalah saat melakukan presentasi di depan kelas atau menyampaikan pidato.

Indy Rahmawati yang menjadi pembicara dalam workshop publik speaking bersama STB Lia Jakarta, menjelaskan beberapa trik dan tips berbicara di depan publik agar  bisa mencapai target yang diinginkan.

“Pertama jangan lupakan penampilan, suara, bahasa tubuh, kekuatan kata. Itu merupakan kunci untuk bisa menjadi pembicara yang baik,” ujarnya di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021.

Tidak hanya itu, mengapa kaum millennial wajib memiliki kemampuan berbicara didepan publik? Karena menurutnya, kaum yang lahir di kisaran medio 1980-2000 tersebut memiliki banyak informasi.

“Publik speaking sejatinya merupakan bakat bagi sebagian orang, namun ada juga yang harus belajar atau mengasahnya. Untuk kaum millennial sendiri sekarang ini seperti diwajibkan untuk berbicara di depan publik,” tambahnya.

Jika sudah menguasai materi dengan baik, sudah berlatih berulang kali, tapi masih juga merasa gugup sesaat sebelum tampil. Jangan khawatir, karena hal ini wajar terjadi.

“Yang perlu dilakukan adalah mencoba untuk rileks dengan mengambil nafas panjang lalu hembuskan. Kemudian, saat sudah berada di depan banyak orang, kunci utamanya adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X