Zona Merah Covid-19 Nasional Naik 73 Persen, Jateng : Demak Satu-satunya Zona Kuning

- Kamis, 29 April 2021 | 09:12 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perkembangan peta zonasi risiko mingguan per 25 April 2021, mencatatkan penambahan jumlah daerah zona merah atau risiko tinggi naik 72,7 persen dan zona kuning atau risiko sedang naik 5,5 persen. Sementara zona kuning atau risiko rendah menurun 17,5 persen.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memaparkan minggu ini, zona merah meningkat dari 6 menjadi 19 kabupaten/kota (3,70 persen), zona oranye bertambah dari 322 menjadi 340 kabupaten/kota (66,15 persen) dan zona kuning menurun dari 177 menjadi 146 kabupaten/kota (28,40 persen).

Pada zona hijau tidak ada kasus baru  tetap 8 kabupaten/kota (1,56 persen) serta tidak terdampak tetap 1 kabupaten/kota (0,19 persen).  "Seharusnya zona merah dan oranye selalu kita upaya agar jumlahnya dapat turun," kata Wiku di Graha BNPB Jakarta pada Selasa (27/4).

Baca juga: Tuntaskan Kasus Covid-19, Tito Minta Daerah Serius

Sementara itu, perkembangan peta zonasi Covid-19 Jawa Tengah pekan ini, ada perkembangan positif, di mana terdapat satu daerah dengan status zona kuning (risiko rendah) yakni Demak. Sejak Jateng terbebas dari zona merah pada 21 Maret 2021, hingga kini hanya tiga daerah berstatus zona kuning yakni Boyolali dan Grobogan (28/3) serta yang terbaru Demak (25/4). Selebihnya, ke-34 daerah bertahan dengan zona oranye.

Peningkatan zona merah ini dikarena ada 14 kabupaten/kota berpindah dari zona oranye ke zona merah. Pekan ini zona merah didominasi provinsi di luar Jawa. Dari 19 daerah dengan zona merah, di provinsi Jawa-Bali hanya ada satu, yakni Badung (Bali). Selebihnya kabupaten/kota tersebut tersebar di provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kalimantan Selatan.

Sebaran 19 zona merah, pekan ini, Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Barat mencatat zona merah tertinggi. Riau dengan 4 merah (Kota Pekanbaru, Siak, Rokan Hulu, Bengkalis) dan Jambi 3 (Kota Jambi, Sungai Penuh dan Kerinci) serta Sumatera Barat 3 (Solok, Solok Selatan dan Agam). Lalu, Sumatera Selatan 2 (Ogan Komering Ulu Timur dan Kota Palembang), Kalimantan Selatan 2 (Tanah Laut dan Tanah Bumbu).

Baca juga: Mutasi Covid-19 Akan Terus Terjadi, Warga Diimbau Tetap Patuh Prokes

Provinsi dengan satu zona merah tercatat Kepulauan Bangka Belitung  (Bangka Barat), Kalimantan Tengah (Kota Palangkaraya), Bali  (Badung), Aceh (Aceh Temiang) dan Sumatera Utara (Deli Serdang). Pada zona oranye dikontribusikan karena 53 kabupaten/kota berpindah dari zona kuning dan kabupaten/kotanya didominasi dari Sumatera Utara (12), Aceh (8), Sulawesi Tenggara (6).

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X