Tenggelammya KRI Nanggala 402 Jadi Momentum Perbaiki Alutsista

- Selasa, 27 April 2021 | 06:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 menjadi momentum untuk memperbaiki alutsista yang ada di Indonesia. Demikian pernyataan dari Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Selasa, 27 April 2021.

"Jangan sampai nyawa para putera terbaik bangsa terkorbankan lagi karena kita lalai memperbaiki alat utama sistem senjata TNI," ujar Zulkifli, seperti yang dikutip dari Viva, Selasa, 27 April 2021.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi I DPR, Sukamta, bahwa peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala 402 menjadi bahan evaluasi terhadap alutsista di Indonesia.

"Terkait dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402, bukan bermaksud mendahului penyelidikan mengenai belum ditemukannya kapal selam tersebut namun kami di DPR RI khususnya Komisi I, sangat konsen terhadap pembaharuan, peremajaan alutsista pertahanan Indonesia," kata Sukamta, seperti yang dikutip dari Republika, Selasa, 27 April 2021.

Ditambahkannya, tujuan peremajaan alutsista lainnya yaitu agar tidak lagi terjadi kecelakaan akibat alutsista Indonesia yang bermasalah. Menurutnya negara berkewajiban melindungi seluruh tumpah darah Indonesia.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Utut Adianto menilai kejadian KRI Nanggala-402 yang hilang kontak menjadi sinyal kuat diperlukan peremajaan alutsista.

"Kita tidak ingin kejadian seperti ini kembali terjadi, kita tahu alutsista di TNI sudah banyak yang tua dan rusak. Ini kebijakan besar dan DPR ingin melihat TNI yang kuat," kata Utut.

Dia mengusulkan agar Menteri Pertahanan, Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan duduk bersama Presiden dan Menteri Keuangan untuk merumuskan langkah ke depan terkait kondisi alutsista Indonesia. Menurutnya, dalam forum duduk bersama itu, perlu dipaparkan fakta dan data seperti kondisi alutsista Indonesia sudah banyak tua dan rusak, kondisi keuangan negara, dan apakah ada potensi perang konvensional atau tidak.

 

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X