Inovasi Nasi Bunga Telang Jadi Kuliner Keberagaman

Imron Rosadi
- Senin, 26 April 2021 | 00:21 WIB
SM/Diaz A Abidin - BERBUKAPUASA: Menu kuliner nasi ulam bunga telang dinikmati pengunjung saat berbuka puasa, belum lama ini. (42)
SM/Diaz A Abidin - BERBUKAPUASA: Menu kuliner nasi ulam bunga telang dinikmati pengunjung saat berbuka puasa, belum lama ini. (42)

SEMARANG- Menu kuliner nasi ulam bunga telang, dihadirkan dengan filosofi tentang persatuan dalam keberagaman, di Kota Semarang. Bunga telang (Clitoria ternatea) belakangan makin digemari sebagai tanaman yang kaya manfaat.

”Warna biru keungu-unguan pada nasi berasal dari bunga telang. Warna ini sebagai simbol perdamaian, harmoni, persatuan, kebenaran, kepercayaan,” kata Operational Manager Orange Brown Cafe, Poppy Sriharwati yang menghadirkan menu tersebut, Jumat (23/4). Sajian ini, lanjut Poppy, bertema persatuan dalam keberagaman. Disajikan di atas tampah, di mana di dalamnya terdapat berbagai jenis lauk dan sayur serta nasi gurih bunga telang bewarna biru ke-unguan.

Berbagai lauk yang disediakan pada menusambel goreng ati, telur, ikan asin, ayam rempah, wortel, sayuran, sambel matah, dan serundeng.

Perpaduan

Ini perpaduan rasa manis, pedas, asin, gurih, segar, kriuk, melambangkan perbedaan dan keberagaman yang saling mendukung dan menguatkan. ”Menu ini disajikan untuk lima orang. Cara menikmatinya pun unik.

Diurap dahulu bersama- sama di atas tampah. Diaduk menjadi satu, rata, sehingga memadukan ragam rasa,” jelasnya. Harapannya, ketika makan Nasi Ulam Bunga Telang bersama kerabat dan sahabat, selalu dalam suasana guyub rukun penuh damai. ”Terlebih saat ini di Bulan Ramadan nan suci, semoga menjadikan ibadah kita penuh berkah,” kata Poppy.

Editor: Imron Rosadi

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X