Pengelolaan Infrastruktur Perlu Diimbangi Pelestarian Lingkungan

Red
- Sabtu, 24 April 2021 | 22:00 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengelolaan infrastruktur yang optimal perlu diimbangi dengan mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga biodiversitas atau ekosistem dari kondisi setempat. Sehingga kegiatan penghijauan penting dilakukan demi menerapkan konsep jalan tol hijau dan ramah lingkungan.

Hal itu disampaikan EVP Divisi OPT Hutama Karya, J Aries Dewantoro,  dalam kegiatan  penghijauan  serentak  di  seluruh  jalan  tol  yang digelar PT Hutama Karya (persero) sebagai sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), baru-baru ini.

Dalam kegiatan penghijauan tersebut, lebih dari 1.700 pohon ditanamkan dengan masing-masing jalan tol menanamkan kurang lebih 100 buah pohondengan jenis yangberbeda-beda sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian PUPR selaku regulator. Adapun ratusan  pohon  tersebut di antaranya  yaitu Pohon  Trambesi  di Ruas  Bakauheni – Terbanggi Besar, Pohon Mangga  di Ruas  Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Pohon Akasia di Ruas Palembang – Indralaya, Pohon Mangga, Rambutan, Cabai dan Jeruk Kasturi di Ruas Medan – Binjai, Pohon Nangka, dan Pohon Rambutan di Ruas Pekanbaru – Dumai serta Pohon Pinang di Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 & 4.

Sementara untuk ruas tol  yangberada  di  Pulau  Jawa  yakni  Ruas  Jakarta  Outer  Ring  Road  Seksi  S  (JORR-S) ditanamkan Tanaman Bougenvil dan Ketapang di ROW KM 21+600 Jalur B dan Ruas Akses Tanjung Priok (ATP)ditanamkan Pohon Tebebuya di ruang milik jalan KM 61+400 Semperdikarenakan keterbatasan lahan,.Khusus  di  Ruas  Terbanggi  Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, penanaman  pohon tersebut dilakukan secara ceremonialoleh Executive Vice President(EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya, J Aries  Dewantoro.

Dalam  kesempatan tersebut, Aries menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan ini akan dilakukan secara rutin di setiap perayaan yang berhubungan dengan lingkungan.

“Rencananya kami  akan  lakukan kegiatan penghijauan ini di setiap event terkait lingkungan, seperti perayaan Hari Keanegaragaman Hayati yang jatuh pada tanggal 21 Mei 2021 mendatang,” tutur Aries.

Lebih lanjut, Aries juga menambahkan bahwa selain untuk memperingati Hari Bumi, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menerapkan konsep jalan tol hijau dan ramah lingkungan bagi pengguna jalan tol yang melintas.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Sejarah Kata Santri, Begini Pendapat Cak Nur

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:18 WIB

Kemenpora Lunasi Tunggakan LADI ke Laboratorium Qatar

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:02 WIB

Anak di Bawah 12 Tahun Kembali Diperbolehkan Naik KA

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:33 WIB
X