Diarahkan ke Energi Terbarukan, Daerah Ingin Kelola Sumur Marginal

- Jumat, 23 April 2021 | 16:16 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Daerah diarahkan untuk meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan. Selain itu, pengelolaan sumur marginal diharapkan bisa semakin membuka kesempatan kepada daerah terlibat melalui BUMD-nya.

Hal itu menjadi pembahasan dalam pertemuan antara Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas & Energi Terbarukan (ADPMET), Ridwan Kamil dan Menteri ESDM, Arifin Tasrif di Gedung Sate Bandung, Jumat (23/4).

Baca Juga: ADPMET Dorong Daerah Perhatikan Energi Terbarukan, Siap Lakukan Perubahan

"Misalkan untuk waduk-waduk atau danau selain sebagai PLTA, permukaannya bisa dimanfaatkan untuk solar cell, ini kita bahas guna ditindaklanjuti, karena akan kurangi karbon," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Sumber Energi Terbarukan Bakal Jadi Pilihan Utama

Menurut dia, program itu diharapkan bisa menunjang keseimbangan pemanfaataan energi terbarukan yang masih harus ditingkatkan. Menteri ESDM, katanya, menjanjikan regulasi yang mempermudah tahapan tersebut bagi daerah.

Tak hanya itu, RK mengharapkan kementerian dapat memberikan atensi terhadap langkah daerah yang ingin ikut terlibat dalam kegiatan pengelolaan sumur-sumur tua.

"Ada sumur-sumur marginal yang tak dimanfaatkan bisa dimanfaatkan daerah-daerah untuk mengurangi potensi ilegal karena banyak kasus," katanya.

Untuk ladang sendiri sekitar sebanyak 100 ribu. Ladang-ladang tersebut tentu jumlahnya tak sebanyak di hulu dengan lingkungan penambangan yang baik. Untuk itu, kementerian akan mengaturnya melalui regulasi.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

LRT Kecelakaan di Cibubur, Diduga Human Error

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:52 WIB
X