Isu Reshuffle Kabinet, Teten Masduki Dinilai Gagal Satukan Wadah Tunggal Koperasi

- Jumat, 16 April 2021 | 12:21 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Isu reshuffle kabinet mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Sejumlah nama dikabarkan bakal tergusur dari posisinya saat ini, salah satunya adalah Teten Masduki  menteri koperasi dan UKM RI.

Spekulasi tergusurnya teten semakin menyeruak tatkala dirinya dianggap tidak mampu atau gagal menyatukan gerakan koperasi bahkan terkesan menikmati konflik yang mendera di wadah tunggal (Dekopin) sehingga penguatan dan pengembangan koperasi di Indonesia dirasa mandul dan tidak berkembang.

Baca Juga: Koperasi Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Berbeda jauh ketika konflik yang terjadi di zaman menteri koperasi era Syarif Hasan di mana konflik tersebut dapat teratasi dengan memfasilitasi adanya rekonsiliasi yang dilakukan oleh Syarif Hasan, Menteri Koperasi pada saat itu antara Dekopin Nurdin Halid dan Adi Sasono.

Terkait kencangnya isu reshuffle kabinet, salah satu insan penggerak koperasi di Jawa Tengah, Wakiyo, SH, MHum, Mkn mengatakan bahwa isu reshuffle banyak diperbincangkan. Di antaranya soal teka teki serta spekulasi yang berhembus ke Kemenkop RI Teten Masduki.

Baca Juga: Ajak Belanja Kontinyu Produk UMKM, Menkop: Mereka Lokal tapi Juara

Wakiyo yang juga Ketua KUD Plongkowati, Demak, memprediksi bahwa Teten akan kena reshuffle dan akan digeser menjadi Kepala Staf presiden, menggantikan Moeldoko karena sebelumya Teten pernah dianggap sukses menjadi kepala staf kepresidenan.

"Di sisi lain, kinerja Teten selama ini diangap belum bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang kuat bagi UKM dan koperasi. Meskipun banyak program yang diberikan kepada UKM melalui bantuan Presiden, namun sama sekali program tersebut dianggap gagal tidak bisa memberikan kontribusi siginifikan bagi pertumbuhan perekonomian nasional di masa pandemi Covid-19," ujar Wakiyo dalam keterangannya, Jum'at 16 April 2021.

Baca Juga: PA GMNI: Ada 6 Menteri Layak Masuk Daftar Reshuffle

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB
X