PA GMNI: Ada 6 Menteri Layak Masuk Daftar Reshuffle

- Kamis, 15 April 2021 | 13:00 WIB
Bambang Batara Aji (suaramerdeka.com/dok)
Bambang Batara Aji (suaramerdeka.com/dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) menyebut sedikitnya ada enam menteri yang layak masuk dalam pertimbangan Presiden Joko Widodo untuk di- reshuffle dari kabinet Indonesia Maju.

"Kalau dari sisi rasa, setidaknya ada 6-7 menteri yang sering disebut orang yang perlu di-reshuffle. Kami memang tidak punya data yang akurat kenapa mereka layak dievaluasi, tapi ini yang sering disorot (publik)," nilai Ketua Bidang Infrastruktur, Pembangunan Perdesaan, Perbatasan, dan Maritim Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PA GMNI Bambang Barata Aji, di Purwokerto, Kamis (15/4/2021).

Dari sejumlah menteri itu, ia menyebut seperti menteri pertanian, menteri perdagangan, menteri tenaga kerja, menteri pendidikan, kebudayaan,riset dan teknologi/ Kemudian menteri hukum dan HAM dan meneteri aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Baca Juga: Menunggu Tuah Reshuffle Kabinet

Dia mengatakan, reshuffle perlu dilakukan karena kinerja menteri-menteri itu bisa dinilai dan dirasakan sendiri, banyak yang di bawah standar.

Barata Aji mencontohkan, kepekaan menteri pertanian, menteri perdagangan terhadap suasana panen raya dengan hasil panen padi yang tergolong bagus dan melimpah. Namun kementerian tersebut memunculkan  wacana impor beras. Selain itu, kata dia, komoditas jahe yang disebut-sebut melimpah namun kenyataannya melakukan impor.

"Artinya,  itu bagaimana sense of crisis-nya dan rasa kebangsaan dari meneteri pertanian dan perdagangan ini. Jadi, bukan semata-mata kita ingin mengganti orang," katanya.

Menurut dia, hal itu disebabkan bangsa Indonesia saat sekarang dalam situasi extraordinary akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

"Ini kan harus berpikir luar biasa, harus bertindak luar biasa, dan pemimpin harus punya karakter yang luar biasa, bukan standar saja. Okelah kemarin kecelakaan sejarah," katanya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB
X