Ketika Warga Flores Timur Termakan Hoaks, Ini Ceritanya

- Kamis, 8 April 2021 | 13:30 WIB
(istimewa)
(istimewa)

FLORES TIMUR, suaramerdeka.com - Setelah terjadinya banjir bandang di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), sempat beredar informasi bahwa akan terjadi banjir bandang susulan. Informasi tersebut sempat membuat warga panik dan berlarian mengungsi.

Baca juga: Banjir Bandang NTT, Bantuan untuk Renovasi Rumah Warga Disiapkan

Akan tetapi informasi tersebut ternyata hoaks. Mengutip dari Viva, seperti yang dituturkan Kartini, bidan yang bekerja di kantor Desa Lamahala, bahwa informasi hoaks itu disebarkan oleh orang-orang tanpa mengkonfirmasi terlebih dulu.

Bahkan bersamaan dengan informasi yang ternyata hoaks, kata Kartini, terjadi gangguan seluruh jaringan telepon seluler selama 16 jam.

Ditambahkannya, warga Flores Timur mengandalkan informasi berdasarkan dari mulut ke mulut.

Sementara itu masyarakat di pesisir Laut Selor, Kecamatan Adonara Timur mengandalkan informasi peringatan dini dari pengeras suara di masjid dan lonceng gereja. Sedangkan di sekitar kawasan Waiburak dan Waiwerang Kota tidak tampak adanya alat sirine mitigasi bencana. Satu spanduk bertuliskan "Flores Timur Tanggap Bencana" terpasang di dekat pusat pertokoan dan Pasar Waiwerang Kota dalam kondisi yang lusuh dan sebagian spanduknya robek setelah sekian lama terpasang di situ.

Informasi hoaks lainnya yang sempat muncul di NTT adalah akan terjadi tsunami. Hal itu dibenarkan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Syaeful Hadi, bahwa tidak benar jika akan ada tsunami di NTT.

"Berita (akan terjadi tsunami di NTT) tersebut tidak benar dan BMKG tidak pernah membuat berita tersebut," kata Syaeful Hadi, seperti yang dikutip dari Liputan 6, Kamis, 8 April 2021.

Akibat informasi tidak benar itu membuat warga di wilayah pesisir Kota Kupang berlari meninggalkan rumah menuju tempat untuk berlindung di area yang lebih tinggi pada Rabu dini hari, 7 April 2021.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X