Angkutan Lebaran, KAI Masih Tunggu Petunjuk Kemenhub

- Selasa, 6 April 2021 | 20:30 WIB
(istimewa)
(istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pusat menyatakan belum mempunyai rencana dalam pengoperasian angkutan KA selama larangan mudik pada Mei mendatang.

Menurut Jubir PT KAI Pusat, Joni Martinus, pihaknya belum bisa melangkah lebih jauh mengingat kebijakan mereka akan sangat ditentukan arahan dari pemerintah melalui Kemenhub.

"Untuk keberangkatan Mei, kami masih menunggu arahan lebih lanjut dari Pemerintah terkait pengaturan moda transportasi kereta api pada masa lebaran terutama dari Kementerian Perhubungan," tandasnya saat dihubungi Selasa, 6 April 2021.

Untuk itu, pihaknya tak mau berspekulasi dalam  menggelar perjalanan KA selama Mei mendatang. Apakah perjalanan KA tetap diperbolehkan berjalanan dengan frekuensi tertentu atau malah tak beroperasi sama sekali.

Mereka pun pada saat ini, memilih menunggu dengan hanya menjual tiket perjalanan hingga akhir April 2021.

"Pelayanan pemesanan tiket KA Jarak Jauh sejauh ini baru dilayani sampai dengan 30 April," kata Joni Martinus yang sempat menjabat Kahumas Daop 2 Bandung itu.

KA-KA yang melayani perjalanan selama bulan tersebut di antaranya tujuan Solo dan Yogyakarya seperti Argo Lawu, Argo Dwipangga, Senja Utama dan Fajar Utama Yogya, Matarmaja Jakarta-Malang, Kertajaya Jakarta-Surabaya.

Kemudian Senja Utama Solo, Mataram Jakarta-Solo, Singasari Jakarta-Blitar, Kertanegara Malang-Purwokerto, Malabar Bandung-Malang, Bangunkarta Jakarta-Jombang.

Lantas Bima, Jayakarta, dan Gumarang relasi Jakarta Surabaya, dan juga Gajayana dan Jayabaya Jakarta-Malang. Untuk Mei, perjalanan KA belum dirilis termasuk dari aplikasi pemesanan yang disediakan BUMN transportasi tersebut.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X