Waspadai Siklon Tropis Seroja, Penyebab Banjir Bandang NTT

- Senin, 5 April 2021 | 19:40 WIB
Siklon Tropis Seroja (suaramerderka.com/dok)
Siklon Tropis Seroja (suaramerderka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan data tentang siklon Tropis Seroja yang bisa mengakibatkan hujan badai disertai petir serta gelombang tinggi.

Dikutip dari Instagram @infobmkg, Senin 5 April 2021, badai Siklon Tropis Seroja merupakan penyebab banjir bandang dan longsor yang terjadi hampir di seluruh wilayah NTT dan NTB beberapa hari terakhir.

Selain NTT dan NTB,wilayah Sulawesi bagian selatan serta Maluku juga ikut terancam oleh Badai Siklon Tropis Seroja.

"Siklon Tropis Seroja terpantau di Laut Sawu sebelah barat daya Pulau Timor. (koordinat) 10 derajat Lintang Selatan, 122,4 derajat Bujur Timur," tulis BMKG.

Baca Juga: Peralihan Pancaroba, DIY Masih Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

BMKG juga menulis dampak siklon tropis Seroja terhadap cuaca di Indonesia hujan sedang hingga sangat lebat disertai kilat/petir serta angin kencang akan berada di Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur

Baca Juga: BMKG: Bibit Siklon Tropis Pengaruhi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Lalu juga hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin kencang akan berada di Bali, Sulawesi Selatan dan sebagian Sulawesi Tenggara.

Siklon tropis Seroja juga akan membuat gelombang laut tinggi 1,25 sampai 2,5 meter akan terjadi di Selat Sumba bagian timur, Selat Sape, Laut Sumbawa, Perairan utara Sumbawa hingga Flores , Selat Wetar, Perairan Kepulauan Sabalana hingga Kepulauan Selayar, Perawan selatan Baubau - Kepulauan Wakatobi, Perairan Kepulauan Sermata - Leti, Laut Banda, dan Laut Arafuru bagian barat.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X