KBN 2021: Kebaya Tak Sekedar Gaya Busana, Terkandung Filosofi Mendalam

- Senin, 5 April 2021 | 16:48 WIB
suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Keberadaan kebaya menjadi sangat penting karena tidak hanya menyangkut gaya berbusana, tapi juga mengandung filosofi mendalam, serta nilai sejarah yang tinggi. Karenanya menjadi penting melestarikan keberadaan kebaya dengan berbagai cara.

"Pada dasarnya busana dapat menggambarkan dua hal penting yang melekat pada pemakainya yaitu identitas diri dan kepribadian di mana ini semua akan sangat berpengaruh pada sikap, karakter, citra dan simbol sebuah bangsa," ujar Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI), Rahmi Hidayati, Senin (5/4).

Kongres Berkebaya Nasional (KBN) 2021 yang berlangsung secara virtual selama dua hari yakni 5-6 April 2021 tersebut menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten dengan pembahasan kebaya dari berbagai aspek yakni aspek politik, ekonomi, sosial, budaya dan psikologi.

Baca Juga: KBN Perkuat Gerakan Pelestarian Budaya Khususnya Busana Tradisional

Hasil dari webinar mengenai “Strategi Komunikasi & Sosialisasi Untuk Memperkenalkan Kebaya ke Generasi Muda dan Dunia” ditemukannya jalur-jalur komunikasi yang dapat digunakan. Dan strategi pengelolaan dan penyampaian pesan yang baik dan terukur sehingga pengenalan dan ajakan berkebaya dapat lebih maksimal hasilnya.

"Misalnya menggunakan leader, public figure, dan pimpinan beragam komunitas untuk memberikan contoh tindakan menggunakan kebaya dalam setiap kegiatannya, termasuk berolahraga dan aktovotas yang ekstrim sekalipun," terangnya

Baca Juga: Perkuat Gerakan Pelestarian Budaya Melalui Kongres Berkebaya Nasional.

Tujuan dari KBN 2021 pertama sebagai masukan bagi pemerintah Indonesia, untuk bisa menetapkan kebaya bukan hanya sebagai busana nasional Indonesia. Tapi lebih jauh bisa juga ditetapkan secara nasional “Hari Berkebaya Nasional” sebagai satu solusi untuk mempopulerkan dan mewajibkan perempuan Indonesia, menggunakan kebaya setidaknya di hari nasional berkebaya.

Kedua, bisa menjadi satu langkah maju untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu heritage Indonesia atau kebaya sebagai satu khasanah kekayaan Indonesia seperti halnya batik, keris dan juga wayang.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Atlet Program Semarang Emas Jalani Tes Fisik

Minggu, 28 November 2021 | 13:41 WIB

Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X