Desain Istana Negara Masuki Tahap Gagasan Awal

- Senin, 5 April 2021 | 11:10 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, menyatakan desain Istana Negara saat ini memasuki tahap gagasan awal.

Diketahui, desain Istana Garuda di Ibu Kota baru, Kalimantan, karya Nyoman Nuarta menyita perhatian publik. Desain tersebut menuai pro dan kontra dari masyarakat yang berbentuk burung garuda.

Nyoman Nuarta mengaku terpilih sebagai pemenang Sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun lalu.

Sebelumnya tim Urban+ yang dimotori arsitek bernama Sibarani Sofian telah memenangkan desain ibu kota negara baru yang didalamnya juga terdapat gedung kepresidenan yang dinamai Astana Indonesia Raya.

Gedung ini punya ciri khas dengan atap menjulang lancip, berikut dengan lambang burung garuda. Atap lancip tersebut diambil dari beberapa atap rumah tradisional Indonesia. Hal itu digambarkan atau menunjukkan refleksi Bhinneka Tunggal Ika.

Tiang dan bendera Merah Putih juga terlihat di depan rancangan desain bangunan tersebut. Sementara sebuah danau kecil dan kawasan terpampang di halaman belakang istana presiden.

Sementara itu untuk pembangunan Istana Presiden, Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menyelaraskan materi Rencana Induk Ibu Kota Negara dan Urban Design Ibu Kota Negara.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti menambahkan belum diketahui pasti, apakah gambaran tersebut yang akan dipakai dalam membangun Istana Kepresidenan di ibu kota baru. Saat ini, Kementerian PUPR sedang mematangkan desain pastinya.

Diana menyatakan, pemerintah masih mempersiapkan desain final tersebut yang nantinya akan dituangkan dalam Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X