Menteri PUPR Minta Semua Pihak Percepat Pembebasan Lahan untuk Tol Cisumdawu

Red
- Minggu, 4 April 2021 | 10:00 WIB
(istimewa)
(istimewa)

SUMEDANG, suaramerdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta semua pihak untuk terus berkoordinasi dan berupaya mempercepat pembebasan lahan agar pembangunan jalan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) bisa segera rampung. Target pembangunan Tol Cisumdawu ini tuntas akhir 2021.

Jalan tol sepanjang 60,10 kilometer (km) ini akan terhubung dengan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati untuk mendukung fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

"Masalah pembebasan lahan, saya minta dikeroyok supaya konstruksinya bisa cepat bergerak. Karena konstruksi hanya dapat berjalan cepat, kalau lahan sudah tersedia," kata Menteri Basuki, seperti yang dikutip dari Berita Satu, Minggu, 4 April 2021.

Untuk mempercepat pengadaan lahan, Kementrian PUPR melalui Satker Pembangunan Tol Cisumdawu Ditjen Bina Marga terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumedang, Badan Pertanahan Nasional (BPN), kepolisian daerah, kejaksaan tinggi, dan instansi terkait.

Mekanisme pembebasan lahan sudah dilaksanakan sesuai prosedur. Jika tidak terjadi kesepakatan harga yang telah ditetapkan penilai independen, maka dilakukan konsinyasi atau titip uang ganti rugi di pengadilan.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X