Temuan Para Pakar Lengkapi Eksistensi Ratu Kalinyamat Sebagai Fakta Sejarah

- Rabu, 31 Maret 2021 | 05:47 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Eksistensi Ratu Kalinyamat dalam berjuang melawan Portugis memiliki dukungan fakta sejarah dalam berbagai bentuk kajian dan peninggalan masa lalu.  Sejumlah seminar yang mempertemukan berbagai kajian dari para pakar akan membuka wawasan masyarakat terkait sepak terjang Ratu Kalinyamat dalam mempertahankan kedaulatan wilayah.

"Seminar yang memaparkan kajian-kajian sejarah dari para pakar memang bertujuan untuk memperkuat temuan dan fakta-fakta yang ada terkait sepak terjang Ratu Kalinyamat di masa lalu," kata Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat Yayasan Dharma Bakti Lestari, Prof Ratno Lukito, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/3).

Ratno menjelaskan untuk mengungkap sejumlah fakta yang belum terkuak terkait eksistensi Ratu Kalinyamat itu, akan digelar Seminar bertema: Rainha de Japara: Ratu Jepara alias Ratu Kalinyamat alias Retno Kencono pada Rabu (31/3) di Semarang.

Menurutnya tim riset Ratu Kalinyamat hingga saat ini menemukan sedikitnya delapan sumber primer dari para penulis Portugis, yang menyebut Rainha de Japara. Mereka itu adalah Franscisco Pares, Diogo da Couto, Faria e Sousa, Afondo de Noronha, Martins a El Ray, Surat Raja Sebastian untuk Gubernur Noronha, Jorge de Lemos, Documentacao Para A Historia Das Missoes Do  Padroado Portugues Do Orientae Insulinda Vol. 4 (1568 – 1579).

Para penulis Portugis itu mengungkapkan sejumlah fakta terkait Rainha da Japara dalam berbagai peristiwa melawan Portugis. Dalam seminar yang akan dihadiri para pakar sejarah dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan Portugal itu, juga dihadiri pakar pertahanan dan maritim, pakar arkeologi dan sejumlah pakar lainnya, sebagai narasumber.

Ratno berharap, para pakar tersebut mampu memberikan jawaban dari sejumlah pertanyaan terkait jati diri Rainha da Japara itu yang sesungguhnya. Diharapkan, temuan tersebut mampu mendukung fakta-fakta sejarah tentang Ratu Kalinyamat dan kiprahnya di nusantara pada masa lalu.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X