Menko Airlangga: Era Industri 4.0 Butuh Generasi Muda Yang Kreatif, Adaptif, dan Inovatif

- Senin, 15 November 2021 | 18:48 WIB
Foto: suaramerdeka.com /ekon.go.id.
Foto: suaramerdeka.com /ekon.go.id.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan generasi muda memiliki peran penting dalam membangun perekonomian nasional.

Menurutnya mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z yang berusia 8 sampai dengan 23 tahun dengan porsi sebesar 27,94 persen dari total populasi yang memiliki tingkat adopsi digital dan pemahaman di bidang keuangan yang tinggi.

Sehingga perlu generasi muda yang handal, adaptif, dan inovatif yang dapat berperan aktif mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Anak Belum Khitan? Ayo Buruan Daftar Sunatan Massal di Balikota Semarang

“Karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan agar dapat berdaya saing memasuki revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara The Bridge Conference 2021.

Yang diselenggarakan oleh The Meeting of Minds Forum dengan mengambil tema “Indonesia Economic Rebound For A Stronger Future” secara daring, Sabtu, 13 November 2021.

Airlangga mengungkapkan, Indonesia diperkirakan akan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan.

Selain itu, pekerja dengan keterampilan digital berpotensi memberikan kontribusi senilai Rp4,434 triliun untuk PDB Indonesia tahun 2030 atau sebesar 16 persen dari total PDB.

Baca Juga: Operasi Zebra Candi 2021 Persiapan Nataru, Kedepankan Edukatif dan Persuasif

Besarnya nilai-nilai tersebut, harus dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral! Edy Mulyadi Hina Kalimantan, Begini Sosoknya 

Senin, 24 Januari 2022 | 14:34 WIB
X