Advokat Aan Tawli Raih Doktor Ilmu Hukum Teliti Regulasi Bantuan Hukum

- Senin, 15 November 2021 | 12:12 WIB
Advokat Aan Tawli raih gelar doktor ilmu hukum di Unissula. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)
Advokat Aan Tawli raih gelar doktor ilmu hukum di Unissula. (suaramerdeka.com/Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Advokat Aan Tawli meraih gelar doktor ilmu hukum setelah menempuh ujian promosi terbuka di Kampus Unissula, baru-baru ini.

Advokat Aan Tawli mempertahankan riset jenjang S-3 mengenai regulasi bantuan hukum di hadapan pakar dan guru besar dalam sidang ujian terbuka di Kampus Kaligawe. 

Adapun penelitian Advokat Aan Tawli tertuang ke dalam naskah disertasi yang berjudul Rekonstruksi Regulasi Tentang Bantuan Hukum Sebagai Perlindungan Bagi Lembaga Bantuan Hukum dan Advokat dalam Memberikan Bantuan Hukum Kepada Masyarakat Berbasis Keadilan.

Baca Juga: Kasus Pelecehan di KPI Terhenti, Kondisi Korban Memburuk

“Di dalam negara hukum hak individu diakui penuh. Demikian juga untuk urusan perlindungan hukum. Sejalan dengan itu sebagai upaya menerima perlindungan hukum dan keadilan maka akses kepada lembaga bantuan hukum (LBH) harus dibuka lebar,” kata Aan Tawli, yang merupakan Wakil Ketua DPD Ikatan Advokat Indonesia Jateng tersebut.

Forum ini dipimpin Dekan FH Unissula Prof Dr Gunarto sebagai ketua tim penguji dengan dihadiri Ketua PDIH Prof Dr Anis Masdurohatun dan Sekretaris PDIH Prof Dr Sri Endah W.

Selebihnya anggota penguji lainnya berinteraksi secara virtual dengan kandidat doktor.

Baca Juga: Komitmen Perdahukki, Tekan Risiko Dokter Berhadapan Masalah Hukum

Disebutkan hak untuk mendapatkan bantuan hukum telah dijamin melalui konstitusi, undang undang dan peraturan pelaksana lainnya.

UU 18/2003 tentang Advokat bahkan tegas mengakui kewajiban profesi ini untuk memberikan bantuan hukum termasuk dengan cuma-cuma.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berhasil Kabur, Bandar Narkoba Tabrak Anggota Polisi

Senin, 22 November 2021 | 11:58 WIB

Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Kasus Mafia Tanah

Jumat, 19 November 2021 | 15:11 WIB
X