Kuliah Tatap Muka Digelar, Mahasiswa Harus Bawa Kartu Vaksinasi

- Jumat, 26 Maret 2021 | 12:36 WIB
Ilustrasi istimewa
Ilustrasi istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pemkab Sleman telah mengizinkan penyelenggaraan kuliah tatap muka. Kebijakan ini tertuang di dalam di Instruksi Bupati Nomer 07/INSTR/2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro tertanggal 22 Maret 2021.

Namun ada syarat yang harus dipenuhi perguruan tinggi sebelum menggelar proses pembelajaran secara luring, yakni mahasiswanya telah mendapat vaksinasi Covid-19. "Mahasiswa yang hendak datang ke Sleman harus membawa bukti sudah divaksin Covid-19," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Jumat (26/3).

Baca Juga: Kuliah Tatap Muka, Diprioritaskan bagi Mahasiswa Semester Dua dan Enam

Pertimbangan Pemkab mengharuskan mahasiswa membawa bukti kartu vaksinasi karena para pengajar di perguruan tinggi sudah mendapat vaksin. Sehingga idealnya, mahasiswa yang akan mengikuti kuliah dalam satu ruangan juga harus sudah divaksin agar tidak terjadi penyebaran Covid-19.

Kegiatan kuliah tatap muka akan dilakukan secara bertahap mengingat status tanggap darurat Covid-19 masih diberlakukan. Perguruan tinggi diminta menyiapkan pilot project sebelum pembelajaran luring dibuka. Selama proses kuliah, seluruh civitas kampus diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara untuk proses belajar tatap muka di tingkat SD dan SMP, Pemkab Sleman belum memberikan lampu hijau. "Kami masih melihat situasi perkembangan Covid-19. Kegiatan belajar tatap muka yang diperbolehkan masih terbatas di level perguruan tinggi," kata Kustini.

Kabag Organisasi Setda Sleman Anton Sujarwa mengatakan, sebelum menyelenggarakan kuliah tatap muka, Satgas Covid-19 perguruan tinggi harus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pemkab Sleman. Hal ini untuk memastikan proses kuliah berjalan sesuai protokol kesehatan. Salah satunya, perguruan tinggi harus menyiapkan skenario pembelajaran tatap muka di ruang kelas yang memenuhi kaidah pencegahan Covid-19.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Peradi Pemalang Luncurkan Pusat Bantuan Hukum Gratis

Minggu, 19 September 2021 | 18:02 WIB

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X