BPKH Dapat Investasikan Dana Haji, Calon Jemaah Akan Dapat Manfaat

- Jumat, 26 Maret 2021 | 11:36 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dapat menginvestasikan dana haji. Dalam pengelolaan dana ini, berbagai manfaat akan diperoleh oleh calon jemaah haji.  Kewenangan investasi dana haji itu sesuai kebijakan yang tertuang dalam PP nomor 5 tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Pengawas BPKH, Muhammad Akhyar Adnan dalam Workshop Bedah Buku berjudul ‘Apa dan Bagaimana Investasi Keuangan Haji BPKH’ yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diikuti secara daring, Kamis (25/3). "Berdasarkan PP nomor 5 tahun 2018, dana haji meliputi investasi berupa surat berharga, emas, investasi langsung maupun investasi lainnya serta yang berasal dari penempatan bank," paparnya. 

Prinsip pengelolaan dana yakni wajib berdasarkan syariah, kehati-hatian, keamanan, hingga memiliki manfaat. Investasi yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan nilai manfaat yang digunakan untuk menutup kekurangan penyelenggaraan haji.

Selain itu, sebagian hasil dari investasi itu akan dikembalikan pada calon jamaah, biaya operasional dan, kemaslahatan. Sementara itu, Ketua Prodi Ekonomi FEB UMY, Imamudin Yuliadi mengatakan, buku tersebut adalah bentuk edukasi terkait pengelolaan keuangan haji berdasarkan prinsip ekonomi Syariah.  “Buku ini bermanfaat untuk eduksi tentang ekonomi dan keuangan Islam tentang kriteria, bentuk, mekanisme, proses dan prosedur transaksi keuangan syariah,” ucapnya.

Dia menilai, buku ini merupakan best practice dalam pengelolaan keuangan syariah.

 

Editor: Andika

Tags

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X