Perempuan Garda Depan Lindungi Keluarga dari Paparan Rokok

- Kamis, 25 Maret 2021 | 12:49 WIB
Perempuan dari berbagai kampus berdiskusi mengenai paparan rokok di keluarga.(suaramerdeka.com/Agung PW)
Perempuan dari berbagai kampus berdiskusi mengenai paparan rokok di keluarga.(suaramerdeka.com/Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Perempuan khususnya ibu rumah tangga memiliki peran penting dalam pengendalian rokok atau tembakau di lingkungan keluarga. Karena itu perlu pemahaman pada ibu rumah tangga untuk menjaga kesehatan anak-anak dan keluarga dari paparan rokok.

Hal tersebut terungkap dalam diskusi daring bertajuk ''Perempuan Cerdas Peduli Pengendalian Tembakau'' yang digelar lima perguruan tinggi yakni Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Bengkulu, Universitas Islam Bandung, Sekolah Tinggi Multi Media ''MMTC'' Yogyakarta, dan Universitas Udayana Bali.

Diskusi merupakan rangkaian workshop yang diprakarsai Institut Komunikasi dan Bisnis London School of Public Relations (LSPR) dengan dukungan Southest Asia Tobacco Alliance (SEATCA). Program ini mengundang lima perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia untuk berkolaborasi melakukan pengabdian kepada masyarakat lintas kampus pada isu pengendalian tembakau.

Baca Juga: Perempuan yang Memilih Berjualan Rokok Lintingan

Baca Juga: Cukai Rokok Tekan Jumlah Perokok Anak-anak, Efektifkah?

Baca Juga: Anak Kecanduan Merokok, Salah Siapa?

Wakil Rektor IV Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Dr Lestari Nurhajati mengatakan, pengabdian kepada masyarakat lintas kampus merupakan langkah awal mendiskusikan pengendalian tembakau di Indonesia, khususnya bagi perempuan dan anak-anak.

''Konsumsi tembakau semakin tinggi terutama perempuan dan anak-anak. Pengabdian lintas kampus yang melibatkan perguruan tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia dapat meningkatkan upaya pengendalian sebagai wujud kontribusi akademisi untuk bersama-sama mengembangkan ide dasar pengendalian tembakau bagi perempuan dan anak-anak,'' papar Lestari.

Kelompok Rentan

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X