Workshop 'Mendeley, Publish or Perish, dan Vosviewer', Tingkatkan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Andika
- Kamis, 25 Maret 2021 | 07:14 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Sebagai upaya peningkatan kompetensi mahasiswa khususnya dalam hal penulisan karya ilmiah, terutama manajemen sitasi dan review dari sumber referensi, maka Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan Workshop Mendeley, Publish or Perish dan Vosviewer. Workshop internal ini dikhususkan bagi mahasiswa semester VI Prodi DKV baik yang mengambil MK Metopen Pengkajian (Jalur TA Skripsi) dan MK Metopen Penciptaan (Jalur TA Karya).

Sebagai pemateri adalah Dr. Anung Rachman, ST., Med.Kom yang juga dosen internal serta dimoderatori Taufik Murtono, S,Sn., M.Sn ini yang dihadiri sekitar 60an peserta baik dari internal Prodi DKV maupun dari luar prodi. Workshop secara daring via Zoom ini bermanfaat untuk mengenalkan secara teknis bagaimana ketiga aplikasi tersebut membantu mahasiswa baik dalam menyusun proposal, menyusun laporan TA, dan artikel ilmiah nantinya.

Aplikasi Mendeley, Publish or Perish, dan Vosviewer ini sudah menjadi hal yang mendasar bagi kalangan mahasiswa dalam hal menulis karya ilmiah, untuk itu bagi mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta diharapkan juga akrab dan terbiasa untuk menggunakan ketiga aplikasi tersebut nantinya, khususnya di MK Metopen Pengkajian (Jalur TA Skripsi) yang diampu Basnendar H, S,Sn., M.Ds dan MK Metopen Penciptaan (Jalur TA Karya) yang diampu oleh Taufik Muryono, S,Sn., M.Sn.

"Sebagai terobosan yang baru, workshop ini menjadi bagian penting untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas mahasiswa sebagai bekal menyusun Tugas Akhir di semester VIII, dan nantinya bisa dicontoh oleh program studi lainnya di ISI Surakarta," kata Basnendar.

Editor: Andika

Terkini

Camat Gajahmungkur Siap Fasilitasi Kegiatan Badko LPQ

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:28 WIB

Gus Yahya: Jangan Sampai Peradaban Runtuh

Selasa, 7 Februari 2023 | 14:02 WIB

Ini 4 Quotes Para Tokoh Terkait Peringatan 1 Abad NU

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:42 WIB
X