Perpustakaan Sumber Informasi bagi Anak-anak Kredibel

- Senin, 22 Maret 2021 | 16:00 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno menyampaikan bahwa peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas belajar, tentu sebuah logika yang sangat mudah. Karena perpustakaan adalah sumbernya informasi yang kredibel, sumbernya bahan belajar bagi anak-anak yang kredibel.

"Tentu ini menjadi sebuah direct connection antara kualitas perpustakaan itu sendiri dengan kualitas hasil belajar," ujarnya pada kegiatan Rakornas Bidang Perpustakaan 2021 yang digelar secara virtual, pada Senin, (22/3).

Disrupsi industri 4.0 ini, lanjut Totok, hampir mengenai aspek kehidupan kita seperti aspek nilai-nilai budaya, sosial, ekonomi bahkan sampai ke aspek ideologi. Industri 4.0 yang dicirikan dengan digitalisasi yang telah memberikan dampak hampir disetiap aspek kehidupan, tak kecuali di dunia kerja.

Baca Juga: Kepala Perpusnas: Perpustakaan Digital dengan Konsep Karya Cetak dan Rekam Masih diperlukan

Totok menjelaskan bahwa perpustakaan merupakan unit yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah baik siswa maupun guru untuk meningkatkan literasinya. Dalam berbagai survei tentang kebisaaan membaca menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa berkontribusi positif terhadap kemampuan membaca dan memahami mata pelajaran.

Baca Juga: Anak Sukar Membaca Awas Gejala Disleksia

Baca Juga: Peningkatan Literasi Digital, Siswa Perlu Didukung Keterampilan Berpikir Kritis

"Siswa dengan literasi yang baik akan memiliki kemampuan dalam menarik logika, memaknai sesuatu yang tidak terulis dari sebuah teks bacaan," jelasnya.

Saat ini kondisi literasi masyarakat Indonesia termasuk siswa pada umumnya masih rendah bahkan sangat memprihatinkan. Kendalanya multi kompleks mulai dari budaya baca yang rendah, supplay dan demand buku, sarana dan prasarana yang kurang memadai, akses terhadap buku bacaan bermutu yang masih rendah dan lainnya.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

X