Kasus Pelanggaran Karantina Kesehatan, Habib Rizieq Minta Eksepsi Dikabulkan

OKZ
- Sabtu, 20 Maret 2021 | 17:00 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafian mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan judul Mengetuk Pintu Langit, Menolak Kezaliman, Menegakkan Keadilan.

"Kita tak membacakan tapi nanti pada persidangan berikutnya, Selasa, 23 Maret 2021 mendatang kita serahkan secara tertulis saja eksepsinya, suratnya kita serahkan ke pengadilan, ke panitera," ujarnya dilansir dari Okezone, Sabtu (20/3/2021).

Inti dari eksepsi berjudul Mengetuk Pintu Langit, Menolak Kezaliman, Menegakkan Keadilan itu meminta agar majelis hakim di persidangan dugaan kasus pelanggaran kekarantinaan itu dikabulkan.

Selain itu, meminta agar majelis hakim menyatakan dakwaan dari Jaksa terkait pasal 160 KUHP dan pasal 93 UU No 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan batal demi hukum.

"Kan dakwaan sudah dibacakan dan kami bantah secara lisan, lewat media juga bisa sebelum kita serahkan ke pengadilan (eksepsinya)," tuturnya.

Dia menambahkan, surat eksepsi yang bakal diserahkan ke pengadilan tersebut memiliki 60 lebih halaman. Intinya pula menjelaskan kalau penetapan, penangkapan, dan penahanan Habib Rizieq tersebut tidaklah sah secara hukum.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X