Perpanjangan PPKM Mikro, Kegiatan Belajar Mengajar Mulai Dilonggarkan untuk Perguruan Tinggi

- Jumat, 19 Maret 2021 | 19:08 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com. Perpanjangan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tahap ke-4, 23 Maret hingga 5 April 2021 akan mengizinkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Ketua KPC PEN Airlangga Hartarto, mengatakan kelonggaran itu terbatas hanya  untuk perguruan tinggi, yakni universitas dan akademi yang dibuka secara bertahap dengan proyek percontohan berbasis Perda/ Perkada, dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat. Airlangga menuturkan dalam pelaksanaanya nanti dimonitor dengan protokol kesehatan secara ketat seraya tetap melanjutkan program vaksinasi untuk guru dan dosen.

“Namun untuk sekolah di bawah SMA dan SMK masih harus dilakukan secara daring atau online,” dalam konferensi perpanjangan PPKM Mikro yang dilakukan secara virtual Jumat (19/3).

Selain melonggarkan kegiatan belajar dan mengajar secara terbatas, pemerintah juga mengizinkan kegiatan seni budaya. Namun kegiatan ini dibatasi hanya 25 persen dari kapasitas dan harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam PPKM Mikro ke-4 ini menambah 5 provinsi yang menerapkan yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat. "Kebijakan ini diambil berdasarkan empat parameter yang sudah ditetapkan sebelumnya,” ucapnya yang juga Menko Perekonomian.

Menurut Airlangga pelaksanaan PPKM Mikro di 10 provinsi selama ini sudah mampu mengerem penambahan kasus positif karena di semua provinsi menunjukkan tren penurunan kasus yang signifikan.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X