Vaksinasi Calon Jamaah Haji Rampung Mei, Peluang Haji Terbuka

- Rabu, 17 Maret 2021 | 09:12 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan pihaknya menargetkan vaksinasi bagi calon jamaah haji 1442 Hijriah tahun ini rampung pada  Mei 2021. Target itu mengacu pada skema vaksinasi nasional.

“Insya Allah jamaah haji Indonesia akan kita selesai vaksinasi pada bulan Mei nanti. Jadi tidak ada keraguan Insya Allah kalau melihat skema ini,” jelas Oscar dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Kementerian Agama, dan Kementerian Perhubungan, di Jakarta, Senin (15/3).

Sementara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas optimistis peluang keberangkatan jamaah Indonesia pada penyelenggaraan haji 1442H/2021M masih terbuka. Pasalnya, belum lama ini Saudi telah melakukan vaksinasi covid-19 pada warganya sebagaimana di Indonesia. Di samping itu, Saudi juga telah mengumumkan akan membuka penerbangan internasional pada 17 Mei mendatang.

Baca juga: Klarifikasi KJRI Jeddah, Terungkap Kabar Vaksinasi Jamaah Haji

“Kami optimistis kemungkinan diselenggarakannya haji tahun ini masih terbuka,” kata Menag Gus Yaqut yang menilai positif kebijakan Saudi dalam menutup penerbangan internasional tahun ini jika dibandingkan tahun lalu, di mana Saudi menutup penerbangan luar negeri, tanpa terkecuali selama musim haji 2020.  “Oleh karenanya, seberapa pun tipis kemungkinannya, kami masih tetap berusaha mempersiapkan penyelenggaraan haji pada tahun ini,” ujarnya.

Menag juga memaparkan pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya diplomasi dengan berbagai otoritas terkait di Arab Saudi. Antara lain dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Menteri Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi, dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

Kemenag pun telah menyusun beberapa skenario penyelenggaraan haji tahun ini. Skenario ini disusun utamanya berdasarkan asumsi jumlah kuota dan penerapan protokol kesehatan dalam perspektif internasional. “Skenario penyelenggaraan haji tahun ini yang kami susun meliputi beberapa hal, di antaranya penerapan protokol kesehatan, pergerakan jamaah di Tanah Suci, durasi masa tinggal jamaah, dan aspek ibadah haji di masa pandemi,” jelas Menag.

Baca juga: Sinyal Saudi Buka Musim Haji 2021, Prediksi Menag Mengejutkan

Oscar menjelaskan, Kemenkes mencatat total sasaran jamaah haji di Indonesia 173.160 jamaah. Rinciannya yaitu kelompok umur di bawah 60 tahun 115.530 calon jamaah dan calon jamaah kelompok usia di atas 60 tahun sebanyak 57.630 calon jamaah.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X