Menag Yaqut Minta Pramuka Jadi Rumah Bersama Generasi Milenial Moderat

- Jumat, 12 November 2021 | 09:14 WIB
Menag Yqut Cholil Qoumas kala membuka Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Palembang. (suaramerdeka.com / dok)
Menag Yqut Cholil Qoumas kala membuka Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Palembang. (suaramerdeka.com / dok)

PALEMBANG, suaramerdeka.com - Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan XV di Palembang resmi dibuka Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Kamis 11 November 2021.

Di hadapan ribuan mahasiswa Pramuka Penegak-Pandega dari berbagai provinsi di Indonesia yang hadir secara daring dan luring, Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta pramuka menjadi rumah bersama generasi muda, generasi milenial yang moderat.

"Pramuka harus bisa menjadi rumah bersama bagi generasi muda yang ingin berkembang, berkarya dan menempa diri. Rancang bangun kegiatan kepramukaan harus mampu menjawab kebutuhan generasi millennial yang akrab dengan teknologi digital," ujarnya.

Menurut Menag Yaqut, nilai-nilai yang telah tertanam di kepramukaan seperti kemandirian, gotong royong, perjuangan hidup, keberanian, dan kepekaan sosial harus mampu ditransformasikan ke dalam perilaku mahasiswa masa kini yang notabenenya adalah generasi milenial.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru Dapat Perhatian Khusus, Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) juga harus mampu menyiapkan dan mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki pemahaman dan kapasitas keagamaan yang rahmatan lil ‘alamin.

“Dalam persepektif Kementerian Agama, tentu melalui pengarusutamaan Moderasi Beragama. Pemahaman agama yang inklusif, toleran dan damai menjadi keniscayaan di tengah-tengah pluralitas bangsa,” pintanya.

Menag menjelaskan, misi memperteguh semangat kebangsaan salah satunya tercermin pada komitmen mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

Hal ini harus diletakan bersama-sama dengan penciptaan suasana keagamaan yang moderat.

Baca Juga: Lepas Timnas Indonesia ke Turki, Ini Pesan dari Ketua Umum PSSI

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X