Kebakaran Lahan Gambut di Meulaboh Capai Enam Hektare

Ant
- Minggu, 14 Maret 2021 | 16:57 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

MEULABOH, suaramerdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan gambut (Karhutla) di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek hingga Minggu siang (14/3) luasnya bertambah menjadi enam hektare.

Hal itu disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat. Pada Kamis (11/3), luas lahan yang terbakar di kawasan tersebut hanya mencapai sekitar tiga hektare.

"Luas lahan yang terbakar sudah mencapai enam hektare, upaya pemadaman sudah berhasil dilakukan mencapai 85 persen,” kata Koordinator Petugas Pusat Pengendalian Data dan Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Mashuri di Meulaboh, Minggu.

Baca Juga: Kabut Asap Karhutla di Kalbar, Ganggu Jarak Pandang Darat dan Laut

Ia mengatakan, penyebab kebakaran lahan di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat, sejauh ini masih dalam penyelidikan petugas kepolisian setempat.

Namun, tim gabungan terdiri dari petugas kepolisian dari Polres Aceh Barat, TNI, BPBD, KPH Wilayah IV Aceh Barat, masyarakat serta relawan masih terus melakukan pemadaman dan pengawasan di lokasi kebakaran lahan.

Ditambahkan Mashuri, selama ini upaya pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat, dilakukan dengan mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran, serta mesin pompa air guna memudahkan pemadaman di lokasi kejadian.

Ia juga menyatakan upaya pemadaman api akan dilanjutkan pada Senin (15/3) pagi bersama tim gabungan, sehingga diharapkan karhutla di daerah tersebut bisa segera diatasi.

“Kami sangat bersyukur karena selama ini pemadaman api lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat, juga terbantu dengan adanya guyuran hujan sejak sore hingga malam hari, kami berharap guyuran hujan masih terus terjadi sampai apinya padam,” kata Mashuri.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X