Dampak Mutasi Virus Corona Harus Ditanggulangi Dengan Pencegahan Menyeluruh

- Jumat, 12 Maret 2021 | 19:08 WIB
foto: suaramerdeka/dok
foto: suaramerdeka/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com. Adanya mutasi virus Corona perlu adanya penanggulangan dengan pencegahan secara menyeluruh. Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/3) mengatakan pemutakhiran informasi terkait perkembangan virus Corona di dunia harus segera disampaikan kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran varian baru virus Corona lebih luas di tanah air.

"setelah varian virus B117, sekarang dikabarkan lagi muncul varian baru virus Corona berkode N439K juga ditemukan di Inggris. Masyarakat perlu mendapatkan informasi dan edukasi terkait varian baru virus tersebut, agar penanggulangan penyebarannya bisa lebih menyeluruh," katanya.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) Daeng M Faqih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/3) meminta masyarakat mewaspadai mutasi virus Corona yang ditemukan di Inggris, yaitu N439K. Dia mengatakan, varian N439K sudah ditemukan di 30 negara dan lebih 'pintar' dari virus Corona yang ada sebelumnya.

Lestari menjelaskan bila pada varian baru virus korona itu memiliki kekhususan yang patut diwaspadai oleh masyarakat. Sehingga perlu penjelasan secara terbuka dan terus-menerus mengenai perkembangan penularan virus Corona, terutama mengenai mutasi virus tersebut, yang kini ditemukan di sejumlah negara.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat, publik secara berkala perlu mendapatkan informasi resmi dan akurat tentang virus Corona varian baru agar tidak mudah direcoki berbagai informasi liar yang berseliweran di media sosial.

Karena informasi yang tidak valid terkait varian baru virus corona dapat mengganggu proses vaksinasi Covid-19 secara nasional, yang ujungnya bisa mengganggu tahapan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional yang saat ini sedang terus diupayakan.

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

Tol Semarang-Demak Gunakan Bambu sebagai Matras

Kamis, 23 September 2021 | 02:09 WIB

Purbalingga dan Jepara Hentikan PTM

Kamis, 23 September 2021 | 02:03 WIB

Hidupi 80 Nenek Sebatang Kara

Kamis, 23 September 2021 | 01:52 WIB

Uang Suap Dicatat Bantuan Sosial

Kamis, 23 September 2021 | 01:40 WIB

Digitalisasi Tetap Menjadi Kunci Pengembangan Daerah

Rabu, 22 September 2021 | 14:33 WIB

Bupati Kolaka Timur dan Lima Staf Terjaring OTT KPK

Rabu, 22 September 2021 | 10:53 WIB
X