Pendaftar Guru ASN PPPK Tak Sampai 1 Juta, Alasan Nadiem Mengejutkan

- Jumat, 12 Maret 2021 | 11:36 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Rencana Pemerintah merekrut satu juta guru honorer melalui skema Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) tidak terpenuhi. Setelah pendaftaran ditutup usulan dari 456 pemerintah daerah tercatat hanya 513 ribu pendaftar dari satu juta formasi yang dibutuhkan dan 58 daerah tidak mengajukan usulan.

Tahun ini, Pemerintah memberi kesempatan guru honorer kategori 2 (K2), honorer non-K2, dan lulusan program pendidikan profesi guru (PPG) untuk mengisi kekurangan guru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berdasarkan data kebutuhan guru secara nasional 1.002.616 formasi tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten.

Mengapa peminat lowongan guru ASN PPPK tidak seperti yang diharapkan, baru terpenuhi separuh lebih. “Pemda banyak yang belum percaya ada  pembukaan formasi guru ASN sebanyak satu juta posisi. Banyak dari mereka yang masih takut APBD terbebani. Padahal gaji guru ASN PPPK akan ditanggung pemerintah pusat,’’ kata Mendikbud Nadiem Makarim saat Rakor dengan Komisi X DPR di Jakarta, Rabu (10/3).

Baca juga: Pendaftar Guru ASN PPPK Meleset dari Target, Jumlah Tak Sampai 1 Juta

Kendati tidak mencapai satu juta, namun Nadiem mengapresiasi usulan pemerintah daerah yang mencapai rekor terbanyak. Rekor ini membuktikan para guru honorer mendapat kesempatan luas dan adil untuk memperjelas statusnya.

Total usulan formasi Pemda setelah dilakukan penyesuaian berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) terkait kebutuhan guru adalah sebesar 513.393. Sebanyak 166 daerah mengusulkan kurang dari 50 persen dari total formasi yang dibutuhkan dan 58 daerah tidak mengajukan formasi.  “Saya menilai angka 513.000 tahun 2021 itu sudah angka luar biasa,’’ kata My Esti Wijayati, Anggota Komisi X DPR Fraksi PDIP.

Merujuk pada lini masa seleksi guru ASN PPPK, peserta seleksi diberi kesempatan tiga kali mengikuti ujian. Kesempatan pertama pada Agustus 2021, kesempatan kedua Oktober 2021, dan kesempatan ketiga Desember 2021. Semua guru honorer tetap dapat mengikuti seleksi. Guru yang mengajar di daerah tanpa formasi dapat mendaftar di daerah lain.

Baca juga: Disinggung PTM Setelah Guru Divaksin, Begini Respons Kemenkes

Guru yang melewati batas nilai kelulusan tahun ini namun tidak mendapat formasi dari Pemdanya dapat menggunakan nilai hasil tes tahun ini di tahun selanjutnya. Kemendikbud menyediakan materi pembelajaran daring untuk membantu kesiapan mengikuti ujian seleksi guru ASN PPPK. Tercatat 256.795 guru telah mengakses situs Guru Belajar dan Berbagi dan 101.815 guru telah bergabung dalam forum diskusi.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X