Fakta! Lokasi Kecelakaan Bus di Sumedang Pernah Renggut 9 Korban Jiwa di 2012

OKZ
- Kamis, 11 Maret 2021 | 13:31 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaramerdeka.com – Lokasi kecelakaan maut di tanjakan Cae Kawung Luwuk, Kecamatan Wado, Sumedang, Jawa Barat ternyata sebelumnya pernah merenggut banyak korban jiwa di Tahun 2012.

Kejadian nahas yang diduga akibat rem blong itu seperti mengulang sejarah sembilan tahun silam. Saat itu, tepatnya Rabu 1 Februari 2012 petang, bus Maju Jaya sarat penumpang terperosok ke dalam jurang di Tanjakan Cae akibat rem blong. Akibatnya, 9 orang meninggal dunia.

Tanjakan Cae sendiri diketahui berada di jalur alternatif Malangbong-Wado dan menjadi jalur utama bagi kendaraan yang mengarah ke Subang dan sekitarnya dari arah Tasik.

Baca Juga: Bus Pariwisata Masuk Jurang di Sumedang, Korban Meninggal Jadi 27 Orang

Jalur alternatif tersebut juga kerap digunakan pengendara dari arah Tasikmalaya menuju Bandung dan sebaliknya saat jalur Nagreg dilanda kemacetan, seperti saat musim mudik.

Baca Juga: Bus Pariwisata Masuk Jurang di Sumedang, 22 Penumpang Tewas

Bus Maju Jaya sendiri terperosok ke dalam jurang sedalam 20 meter setelah rem bus blong saat menapaki turunan tajam di Tanjakan Cae. Bus nahas itu sempat menabrak bagian belakang truk dan oleng hingga akhirnya terperosok ke jurang.

Kecelakaan serupa kini terulang. Sebuah bus yang mengangkut rombongan study tour dan peziarah yang merupakan siswa SMP IT Al Muawanah, Cisalak Subang beserta orang tuanya terperosok saat melintas di Tanjakan Sae.

Salah seorang korban selamat bus maut itu mengungkapkan detik-detik sebelum bus yang ditumpanginya terperosok ke jurang. Korban bernama Hafid Alfariz itu mengungkapkan, sebelum bus terperosok ke jurang, rem bus mengalami blong.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X