Anugerah Tangguh Adhiwirasa, Wujud Apresiasi BNPB terhadap Kolaborasi Ringankan Beban Dampak Bencana

- Rabu, 10 November 2021 | 22:47 WIB

SEMARANG, suaramerdeka.com - Semangat kolaborasi, terbukti mampu meringankan beban dampak bencana termasuk pandemi Covid-19. Kerja nyata gerakan kolaborasi, sinergi dan inovasi layak diapresiasi.

Oleh sebab itu, diprakarsai oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) akan memberikan Anugerah Tangguh Adhiwirasana.

Yakni ajang pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang unggul dalam penanganan kebencanaan.

Baca Juga: Tingkatkan kualitas demokrasi, Bawaslu Jepara Ajak Desa Kalianyar Tolak Politik Uang

Ketua Panitia Anugerah Tangguh Adhiswirasana, I Nyoman Gde Agus Asmara mengatakan sesuai tema tahun ini, Kolaborasi Indonesia Tangguh Bencana yang diharapkan dapat menjadi penyemangat daerah dalam siklus penanganan pandemi Covid-19, serta percontohan bagi daerah lain dalam mengembangkan kolaborasi penanganan bencana.

''Apresiasi penanganan kebencanaan tersebut meliputi penanggulangan bencana alam dan non-alam. Sedangkan penilaian dititikberatkan pada inisiatif inovasi dalam penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi, serta peningkatan kesejahteraan sosial. Juri terdiri atas tim profesional lintas bidang,dengan Menteri Sosial dan Menteri Dalam Negeri sebagai dewan juri kehormatan. Dan penghargaan rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo,'' paparnya dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Selasa, 9 November 2021.

Pihaknya menambahkan, tahap penjaringan ini menggunakan data sekunder di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial ini dilakukan pada sebanyak 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi untuk melihat kinerja daerah dalam pengendalian pandemi.

Baca Juga: Gus Yahya: Posisi Indonesia Sangat Strategis Wujudkan Stabilitas Dunia

Tahap berikutnya adalah self assesment dan sesi wawancara yang dihadiri hampir seluruh kepala daerah beserta elemen terkait.

''Ini mengindikasikan kolaborasi memang telah terjalin di daerah-daerah unggulan tersebut, dengan pemimpin yang kolaboratif. Semua pihak sudah terlibat termasuk satgas daerah,'' terangnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X