Seratusan Ton Besi Proyek Kereta Cepat Dicuri, KCIC Tingkatkan Keamanan

- Rabu, 10 November 2021 | 19:22 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF (KCIC).
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF (KCIC).

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kendati ada laporan pencurian seratusan ton besi proyek, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan konstruksi utama proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung aman.

Menurut Corporate Secretary KCIC, Mirza Soraya, hal itu mengingat besi-besi yang dicuri bukanlah bagian dari komponen konstruksi utama lintasan KCJB, melainkan hanya besi untuk kebutuhan temporary support.

“Konstruksi utama KCJB aman. Besi-besi yang dicuri hanya untuk keperluan temporary support seperti H-beam atau scaffolding. Bukan besi tulangan yang dipakai pada konstruksi lintasan atau stasiun,” jelasnya seperti dalam keterangan yang diterima, Rabu (10/11).

Baca Juga: Makin Lengket, Jefri Nichol dan Tiara Andini Pacaran?

Atas kejadian tersebut, pihaknya sudah meningkatkan keamanan di seluruh area proyek. Ini termasuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat. Pos penjagaan serta CCTV pun ditambah khususnya di lokasi yang rawan pencurian.

Selain itu, pagar pembatas pun ditinggikan dan ditingkatkan kekuatannya agar tidak mudah dijebol. Peningkatan mobilisasi sumber daya untuk melakukan pengecekan dan pemeriksaan berkala terhadap material dan peralatan bantu, serta melakukan review dan monitoring secara lebih intens pun dilakukan.

“Seluruh pihak proyek KCJB terus meningkatkan pengamanan yang maksimal atas aset-aset di proyek KCJB, terutama di titik rawan sehingga kejadian serupa tidak terulang. Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan tokoh masyarakat setempat,” tegasnya.

Selain itu, pihak kontraktor telah berkoordinasi dengan subkon dan juga pengamanan kepolisian polsek Makasar Pinang Ranti terkait hal tersebut sehingga dapat dilakukan penangkapan terhadap lima dari sembilan pelaku.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan, Kapolres Salatiga Apresiasi Dua Perempuan Pahlawan Keluarga

Barang bukti sudah diamankan kendati sejumlah pelaku lain masih dalam proses pencarian oleh pihak berwenang. Terkait dugaan keterlibatan orang dalam, Mirza mengatakan sampai saat ini belum mendapat indikasi adanya hal tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X