Modifikasi Cuaca, Solusi Pengendalian Karhutla di Riau dan Kalbar

Red
- Minggu, 7 Maret 2021 | 17:00 WIB
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Modifikasi cuaca yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jadi solusi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK R Basar Manullang menjelaskan, pelaksanaan modifikasi cuaca di Riau dimulai 9 Maret 2021, sedangkan di Kalimantan Barat pada 11 Maret 2021.

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), menurut Basar, hasilnya mampu membasahi gambut, mengisi kanal, serta embung untuk membantu kegiatan tim pemadam darat. Guna melaksanakan TMC itu, KLHK telah berkoordinasi dengan BMKG, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), dan Kementerian Pertanian untuk antisipasi musim panas di sejumlah wilayah yang rawan karhutla.

Selain itu, kata Basar, dalam rangka kesiapsiagaan dan mendukung pengerahan sumber daya, dua pemerintah provinsi itu telah menetapkan status siaga darurat bencana karhutla, sehingga BNPB siap memberikan dukungan termasuk dalam menerapkan TMC.

"Pesawat yang akan digunakan dalam penyemaian awan operasi TMC ini adalah pesawat Cassa 212-200 dan pesawat CN-295 dukungan dari TNI AU. Posko operasi TMC akan berada di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Lanud Soepadio Pontianak. Saat ini tim teknis sedang menyelesaikan proses pengangkutan bahan semai ke posko-posko operasi tersebut," pungkasnya.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X