Total Vaksin Covid-19 yang Sudah Diamankan 306 Juta Dosis

- Rabu, 10 November 2021 | 14:27 WIB
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Dirut Bio Farma, Honesti Basyir menyatakan bahwa hingga awal November ini, pihaknya total sudah mengamakan 306 juta dosis vaksin Covid-19.

Dari jumlah sebanyak itu, sebanyak 233,4 juta dosis di antaranya sudah didistribusikan untuk disuntikan kepada masyarakat. Mereka mendapatkannya melalui sejumlah skema.

Di luar itu, dia menyebut langsung didistribusikan dari pengembang vaksin dengan pemerintah seperti Pfizer yang suply agreementnya langsung antara Pfizer global dengan Kementerian Kesehatan RI.

“Dari Informasi yang kami terima dari Kementerian Kesehatan RI, per tanggal 4 November lalu, total vaksin Covid-19 yang sudah terdistribusi, ada 252 juta dosis (termasuk yang didistribusikan oleh Bio Farma dan Pfizer global) ke seluruh provinsi di Indonesia," katanya dalam keterangannya, Rabu, 10 November 2021.

Baca Juga: Peringati Hari Pahlawan, Taj Yasin Optimistis Indonesia Bisa Lawan Kemiskinan, Kebodohan dan Pandemi Covid-19

Sebelumnya, BUMN farmasi itu mendapatkan penugasan untuk penyediaan vaksin Covid-19 untuk 208 juta masyarakat Indonesia.

Jumlah ini, jelasnya, akan bertambah seiring dengan telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat (EUA) vaksin Covid-19 dari Badan POM untuk anak - anak usia 6 - 11 tahun pada awal November 2021.

Dalam kaitan sebagai induk Holding BUMN Farmasi, Honesti memberikan penjelasan mengenai struktur harga test PCR, pasca penetapan harga baru pelayanan PCR dari pemerintah, untuk mendeteksi virus Covid-19.

Di antaranya adalah komponen harga reagant cairan yang digunakan untuk mendukung pengujian tes PCR swab maupun alternatif gargle PCR.

Baca Juga: Lewat Petisi, Warganet Dukung Penetapan Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sebagai Pahlawan Nasional

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X