Lewat Petisi, Warganet Dukung Penetapan Prof Mochtar Kusumaatmadja Sebagai Pahlawan Nasional

- Rabu, 10 November 2021 | 13:54 WIB
Mantan Menteri Luar Negeri, Mochtar Kusumaatmadja. (seputarcibubur.pikiran-rakyat.com)***
Mantan Menteri Luar Negeri, Mochtar Kusumaatmadja. (seputarcibubur.pikiran-rakyat.com)***

JAKARTA. suaramerdeka.com - Hari Pahlawan adalah momen masyarakat untuk mendukung tokoh-tokoh nasional agar diangkat menjadi pahlawan.

Salah satunya adalah dukungan dari 7.500+ warganet agar Prof. Mochtar Kusumaatmadja, pencetus gagasan Wawasan Nusantara, dijadikan pahlawan nasional lewat platform petisi online Change.org.

Hikamul Ridwan, salah seorang mantan mahasiswa Prof. Mochtar Kusumaatmadja, memulai petisi tersebut kepada Dirjen Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Presiden Joko Widodo.

“Walaupun jasa-jasa Prof. Mochtar Kusumaatmadja banyak terjadi selama masa Orde Baru, jasa-jasanya tetap bisa kita rasakan sampai detik ini,” katanya.

Baca Juga: Satu Dekade DKV FRSD ISI Sukakarta: Raih Beragam Prestasi, Jadi Prodi Favorit

Prof. Mochtar Kusumaatmadja adalah mantan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia yang mencetuskan konsep negara kepulauan / Wawasan Nusantara.

Konsep yang dibawa oleh Prof. Mochtar ini akhirnya diadopsi ke dalam United Nations Convention on the Law of the Seas (UNCLOS) di tahun 1982.

“Ini berdampak pada diakuinya luas Indonesia menjadi 5 juta km persegi seperti saat ini. Dan yang paling penting adalah diakuinya perairan/lautan yang melingkari pulau-pulau menjadi milik Indonesia. Termasuk kekayaan sumber daya alam di dalamnya,” tutur Hikamul.

Sebagai bentuk usaha untuk menjadikan Prof. Mochtar Kusumaatmadja seorang pahlawan nasional, Hikamul tidak hanya menggalang dukungan masyarakat lewat petisi, tetapi juga melalui advokasi ke beberapa organisasi.

Baca Juga: Jokowi Resmi Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional dan Kehormatan Bintang Jasa pada Tokoh-tokoh Ini

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPJS Kesehatan Jamin Kelahiran, Simak Selengkapnya

Senin, 5 Desember 2022 | 18:55 WIB
X