Google Doodle Tampilkan Sosok Ismail Marzuki Bertepatan di Hari Pahlawan

- Rabu, 10 November 2021 | 09:36 WIB
Google Doodle yang menampilkan sosok Ismail Marzuki. (dokumentasi Google)
Google Doodle yang menampilkan sosok Ismail Marzuki. (dokumentasi Google)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh tiap tanggal 10 November, laman Google Doodle menampilkan tokoh pahlawan nasional Ismail Marzuki.

Ismail Marzuki ialah salah satu komponis besar Indonesia yang lahir pada tanggal 11 Mei 1914 di Kampung Kwitang, tepatnya di kecamatan Senen, wilayah Jakarta Pusat, pada tanggal 11 Mei 1914.

Dilansir dari Wikipedia, Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi, dengan nama asli Ismail, sedangkan ayahnya bernama Marzuki, sehingga nama lengkapnya menjadi Ismail bin Marzuki.

Namun, kebanyakan orang memanggil nama lengkapnya Ismail Marzuki, bahkan di lingkungan teman-temannya kerap dipanggil Mail, Maing, atau Bang Maing.

Baca Juga: OJK Resmi Cabut Izin Usaha PT OVO Finance Indonesia, Wajib Selesaikan 3 Hak dan Kewajiban

Tiga bulan setelah dilahirkan, ibunya meninggal dunia.

Sebelumnya Ismail Marzuki juga telah kehilangan dua orang kakaknya bernama Yusuf dan Yakup yang telah mendahului saat dilahirkan.

Kemudian ia tinggal bersama ayah dan seorang kakaknya yang masih hidup bernama Hamidah, yang umurnya lebih tua 12 tahun dari Ismail.

Ismail Marzuki memulai debutnya di bidang musik pada usia 17 tahun, ketika untuk pertama kalinya ia berhasil mengarang lagu "O Sarinah” pada tahun 1931.

Baca Juga: Dolar AS Tergelincir di Akhir Perdagangan Usai Investor Tunggu Data Inflasi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X