Setelah Sembuh dari Covid-19, Doni Monardo Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

- Selasa, 2 Maret 2021 | 09:15 WIB
(suaramerdeka.com/dok)
(suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah 17 hari dinyatakan sembuh dari Covid-19, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo menjadi pendonor plasma konvalesen. Dia bergabung dengan para penyintas lain membantu pasien yang sedang berjuang sembuh.

senin kemarin, Ketua Satuan tugas Penanganan Covid-19 tersebut mendatangi Kantor Palang Merah Indonesia DKI di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat dan diterima oleh Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat Linda Lukitari Waseso pada Senin, 1 Maret 2021 pukul 15.00.

Proses donor itu sendiri dijalani Doni selama 30 menit. “Sebagai penyintas, mendonorkan plasma konvalesen merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah sembuh. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini bisa meringankan pasien yang tengah berjuang untuk sembuh,” tutur Doni, usai menjalani proses donor, dilansir dari situs resmi satgas Covid-19.

Sebelumnya, Doni terinfeksi Covid-19 pada 23 Januari 2021 setelah memimpin penanggulangan korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan. Menjalani perawatan selama 20 hari, Doni dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil negatif uji usap PCR pada 12 Februari.

Sesuai ketentuan, penyintas Covid-19 yang memenuhi syarat bisa melakukan donor plasma konvalesen setelah sembuh 14 hari hingga tiga bulan. Doni berharap para penyintas lain yang telah sembuh dalam tiga bulan terakhir ini makin banyak tergerak melakukan hal serupa.

“Terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan tinggi, saat ini sulit mencari pendonor dari para penyintas Covid-19. Oleh karena itu bersama PMI, Satgas telah menjadikan donor konvalesen sebagai gerakan nasional,” ujarnya.

 

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Target 8 Kursi, PKB Kota Semarang Gelar Evaluasi

Minggu, 26 September 2021 | 19:45 WIB

CSIS: Komunikasi Politik Airlangga Hartarto Kuat

Minggu, 26 September 2021 | 17:40 WIB
X