UGM Kampus Terbaik Nasional Versi UniRank, Undip Nomor 3

- Senin, 22 Februari 2021 | 10:05 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Lembaga pemeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia, 4 International College & Universities ( 4ICU) UniRank merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia edisi 2021. Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki posisi pertama. Yang menggembirakan Universitas Diponegoro menempati peringkat ketiga di bawah Universitas Indonesia (UI) dan di atas Universitas Pendikan Indonesia (UPI) Bandung.

Adapun sepuluh besar peringkat UniRank 2021 adalah  Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga Surabaya (Unair), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Institut Pertanian Bogor (IPB) IPB dan Universitas Lampung (Unila).

4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki. Sementara dalam pemeringkatan di tingkat nasional kali ini terdapat 577 universitas di Indonesia yang masuk dalam penilaian. 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki suatu perguruan tinggi.

Baca juga: UGM Pastikan Sarana Isolasi untuk Tangani Covid-19 Masih Mencukupi

UniRank mencatat rangking 577 kampus seluruh Indonesia. Dari jumlah itu 555 kampus mendapat peringkat, sementara sisanya atau 22 kampus dinyatakan Unranked (UN). Tahun ini, Kota Semarang menempatkan 14 kampus yang mendapat rangking. Setelah Undip, urutan berikutnya Universitas Negeri Semarang berada di oeringkat 11, Universitas Dian Nuswantoro (29), Universitas Muhammadiyah Semarang (37).

Kemudian, Universitas Islam Negeri Walisongo (39), Universitas Islam Sultan Agung (60), Universitas Katolik Soegiyapranata (76), Universitas Semarang (90), Universitas Wahid Hasyim (120), Universitas PGRI Semarang (127), Universitas Stikubank (132), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang (155), Universitas Pandanaran (321) dan Universitas AKI (372).

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM Widyawan PhD mengatakan pemeringkatan universitas versi 4ICU dilakukan menggunakan UniRank Universitay Rangking. Adapun penilaian berdasarkan sistem algaritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majstic Trust Flow.“Pemeringkatan ini menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM dan jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id,” jelasnya.

Baca juga: Undip Peringkat Pertama Penerima Program WCP dari Kemendikbud 2020

Widyawan menjelaskan terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas di Indonesia untuk dapat masuk dalam pemeringkatan UniRank. Pertama, telah terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana. Terakhir, memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X