Kemenag Luncurkan 4 Aplikasi Layanan Digital Buatan Ditjen Bimas Hindu

- Minggu, 7 November 2021 | 11:07 WIB
Kemenag meluncurkan 4 Aplikasi layanan digital buatan Ditjen Bimas Hindu, Sabtu (6/11).(suaramerdeka.com/dok)
Kemenag meluncurkan 4 Aplikasi layanan digital buatan Ditjen Bimas Hindu, Sabtu (6/11).(suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI merilis empat aplikasi layanan digital pada Sabtu (6/11) yang diluncurkan langsung oleh Menteri Agama RI, dan Ketua Komisi VIII DPR RI.

“Kami mengapresiasi terobosan Ditjen Bimas Hindu yang telah membuat empat aplikasi layanan digital Hindu. Ini adalah teknologi pertama di lingkungan Kementerian Agama," ungkap Sekretaris Jenderal Menteri Agama Prof. Dr. H. Nizar.

Senada dengan Ketua Komisi VIII DPR RI yang diwakili Komang Koheri mengapresiasi Ditjen Bimas Hindu yang turut melibatkan anak-anak muda dalam pembuatan empat aplikasi layanan digital Bimas Hindu.

Ke empat aplikasi tersebut diantaranya, e-Pasraman, Sindu (Sistem Informasi Hindu), Wedangga (Weda dalam Genggaman Anda), dan e-Arsip.

Baca Juga: Taman Kyai Langgeng Buka Camper Park, Hidupkan Wisata Malam di Kota Magelang

Empat aplikasi layanan digital ini merupakan buah karya kerja sama antara Ditjen Bimas Hindu dengan programmer dari kalangan anak muda Hindu.

e-Pasraman adalah aplikasi layanan pendidikan Hindu berbasis digital yang akan membantu proses belajar mengajar antara siswa dan tenaga pengajar di Pasraman.

“Melalui aplikasi ini, orang tua siswa nantinya juga dapat turut mengawasi perkembangan proses belajar anak-anaknya," ungkap Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto.

Adapun Sindu merupakan sistem aplikasi digital berbasis web yang terintegrasi dengan data-data keumatan Hindu seperti data pendidikan, data penyuluh, guru agama, data pegawai dan data lainnya.

Baca Juga: Putus Mata Rantai Kekerasan, Dirjen Wikan: Kedepankan Rasa Menghargai

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X